Salin Artikel

Jatuh Terpeleset Saat Padamkan Api di Hutan Klaten, Dua Relawan Alami Luka Bakar

Kepala Satpol PP dan Damkar Klaten, Joko Hendrawan mengatakan, dua relawan yang mengalami luka bakar masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Bagas Waras.

Mereka adalah Endra mengalami luka bakar 30 persen dirawat di ruang ICU dan Suwandi luka bakar 17 persen dirawat di ruang Shinta.

"Kondisi hari ini, tadi kami besuk sudah membaik," kata Joko dihubungi Kompas.com, Senin (18/9/2023).

Joko menceritakan, dua relawan ini awalnya melakukan pemadaman api yang membakar hutan dengan menggunakan peralatan seadanya.

Saat mencoba memadamkan api, salah satu relawan terjatuh. Kemudian temannya berusaha menolong. Diduga terpeleset, akhirnya keduanya terjatuh dan mengalami luka bakar.

"Mereka berdua selaku relawan langsung turun. Kemudian memadamkan dengan alat yang ada ranting. Kemudian terpeleset jatuh karena itu di tebing," jelas Joko.

Joko mengungkapkan, kebakaran hutan yang memiliki luas sekitar 3 hektar itu diduga adanya aktivitas pembakaran. Kondisi cuaca yang panas membuat api yang membakar hutan tersebut semakin meluas dan merembet ke lokasi yang lainnya.

Saat ini, ungkap Joko, kebakaran hutan di Kecamatan Bayat berhasil dipadamkan. Pemadaman melibatkan tim dari relawan, Damkar, SAR, TRC, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten.

"Jadi semua bergerak (memadamkan api)," kata Joko.

Sementara untuk mengantisipasi kebakaran selama musim kemarau, pihaknya mengimbau warga tidak membakar hutan atau lahan. Lalu tidak membuka lahan dengan cara dibakar dan membuang putung rokok disembarang tempat.

"Kita sudah menyebarkan baliho maupun banner-banner yang kita tempel di sekitaran Kecamatan Bayat," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/18/170826578/jatuh-terpeleset-saat-padamkan-api-di-hutan-klaten-dua-relawan-alami-luka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke