Salin Artikel

40-an Kios di Pasar Sudirman Pontianak Terbakar, Pemkot Rencanakan Tata Ulang

PONTIANAK, KOMPAS.com - Lebih dari 40 kios pedagang di Pasar Sudirman, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) ludes terbakar, Sabtu (16/9/2023) pukul 23.15 WIB.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, kebakaran menghanguskan hampir dua blok pasar yang sebagian besar menjual pakaian.

Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah korsleting listrik.

"Sementara ini akan kita data dulu sambil berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menyelidiki penyebab pasti kebakaran," kata Edi saat meninjau lokasi kebakaran, Minggu (17/9/2023) pagi.

Sejumlah pedagang juga tampak mengais barang-barang yang tersisa dan yang masih bisa digunakan.

Menurut Edi, padatnya lokasi kios dan pertokoan di Pasar Sudirman ini menjadi evaluasi ke depan untuk lebih menata rapi kawasan ini.

"Meski tidak ada korban jiwa, kerugian material diperkirakan lumayan besar," ujarnya.

Menurutnya, status tanah di lokasi pasar tersebut merupakan tanah negara dengan status kepemilikan Hak Guna Bangunan (HGB). Kawasan itu memang dinilai sudah tidak berkembang.

Oleh sebab itu, Edi akan mengundang para pemilik kios untuk menata ulang kawasan ini.

"Apakah dibuat pusat pertokoan atau kawasan perdagangan yang baru sehingga bisa menunjang perekonomian dan Pasar Sudirman ini hidup kembali," ungkap Edi.

Edi mengimbau kepada seluruh pemilik bangunan untuk rutin memeriksa dan memastikan instalasi listrik di bangunan masing-masing untuk mencegah terjadinya kebakaran.

"Koordinasi dengan instalatir listrik, kalau memasang jaringan listrik tidak dilakukan sendiri, konsultasikan juga dengan pihak PLN," imbau Edi.

Joni (65), satu di antara pemilik kios yang terbakar, mengaku mengetahui peristiwa kebakaran dari rekannya sehingga ia turun malam itu juga.

Meski kiosnya telah lama tutup sejak tiga tahun lalu, tetapi masih tersisa sejumlah barang kelontong di dalamnya.

"Kita sudah menempati kios ini selama 20 tahun," ucap Joni.

Joni berharap kios ini bisa terbangun kembali. Dia menyerahkan kepada pemerintah jika memang kawasan ini akan ditata kembali.

Sebagaimana yang diungkapkan Wali Kota Edi Kamtono untuk menata ulang kawasan ini supaya lebih hidup perekonomiannya.

"Kalau semua pedagang sepakat, kita ikut saja seandainya memang pemerintah ingin menata kembali pasar ini," tutup Joni.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/17/173405478/40-an-kios-di-pasar-sudirman-pontianak-terbakar-pemkot-rencanakan-tata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke