Salin Artikel

Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan di Padang Meningkat, Didominasi Kekerasan Verbal

PADANG, KOMPAS.com - Kasus kekerasan pada anak dan perempuan di Kota Padang Sumatera Barat mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada tahun 2022 jumlah kasus secara keseluruhan ada sebanyak 49 kasus. Sementara itu pada tahun 2023 sejak Januari hingga Agustus sudah ada 47 kasus.

"Memang terjadi peningkatan. Namun peningkatan itu juga tidak terlepas dari keaktifan tim yang turun ke lapangan untuk mengungkap kasus kekerasan tersebut," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Eri Sendjaya melalui telepon, Selasa (12/9/2023).

Eri mengatakan, 47 kasus kekerasan pada anak dan perempuan tersebut didominasi oleh kekerasan verbal.

"Untuk kekerasan fisik ada 11 kasus dan kekerasan seksual ada sembilan kasus. Selebihnya adalah kekerasan verbal," katanya.

Perkembangan teknologi, menurut Eri Sendjaya, menjadi salah satu faktor penyebab terjadi kekerasan pada anak dan perempuan di Kota Padang.

"Ada banyak faktor penyebab kasus kekerasan pada anak dan perempuan. Salah satunya adalah perkembangan IT. Mereka banyak melihat dari media sosial dan lainnya. Kemudian juga ada karena faktor ekonomi," katanya.

Untuk menekan kasus kekerasan pada anak dan perempuan, Eri Sendjaya mengaku pihaknya melakukan sosialisasi ke masyarakat dan ke sekolah-sekolah.

"Kita mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi kepada siswa-siswi tentang kekerasan pada anak dan perempuan tersebut. Jadi melalui sosialisasi tersebut kami harapkan mereka bisa paham," ujarnya.

Selain itu Eri juga mengimbau masyarakat agar melaporkan jika menemukan atau melihat terjadinya kasus kekerasan pada anak dan perempuan. Masyarakat bisa melaporkannya ke tim yang berada di lapangan atau langsung ke kantornya.

"Kami imbau masyarakat untuk tidak melakukan kekerasan kepada anak dan perempuan kita sendiri," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/12/194731578/kasus-kekerasan-anak-dan-perempuan-di-padang-meningkat-didominasi-kekerasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke