Salin Artikel

BMKG: Indeks Sinar UV di Beberapa Daerah Aceh Bahaya bagi Kulit

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh menyatakan, indeks ultraviolet di Kabupaten Utara, Kota Lhokseumawe, Bireuen, Aceh Timur, Langsa, dan Kabupaten Bener Meriah terbilang ekstrem dan berbahaya bagi kulit.

Sekadar diketahui, indeks UV merupakan angka tanpa satuan untuk menjelaskan tingkat paparan radiasi sinar ultraviolet yang berkaitan dengan kesehatan manusia.

Secara umum pita gelombang cahaya matahari dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu sinar ultraviolet (UV) dengan panjang gelombang 100-400 nm.

“Indeks ini berarti tingkat bahaya bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung, diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak rusak dan terbakar dalam hitungan menit,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh Wiwit Nitasari dalam siaran persnya, Senin (11/9/2023).

Dia meneybutkan, indeks UV ini dibagi dalam beberapa kategori. Untuk skala hijau dengan Indeks UV di angka 0-2 termasuk dalam kategori ‘Low’ atau risiko bahaya rendah. Kuning dengan Indeks UV 3-5 masuk dalam kategori ‘Moderate’ atau risiko baya sedang.

Lalu, Oranye dengan Indeks UV 6-7 masuk dalam kategori high atau risiko bahaya tinggi, Merah dengan Indeks UV 8-10 masuk dalam kategori very high atau risiko bahaya sangat tinggi, dan Ungu dengan Indeks UV di atas 11 termasuk dalam kategori Extreme atau risiko bahaya sangat ekstrem.

Wiwit menyarankan agar masyarakat menghindari paparan matahari langsung antara pukul 10.00 pagi hingga pukul 16.00 sore.

“Tetap di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. Wajib kenakan pakaian pelindung matahari, topi lebar, dan kacamata hitam yang menghalangi sinar UV, pada saat berada di luar ruangan,” sebutnya.

Dia juga menyarankan warga untuk mengoleskan cairan pelembap tabir surya SPF 30+ setiap dua jam bahkan pada hari berawan, setelah berenang atau berkeringat.

“Hindari tempat dengan permukaan yang cerah, seperti pasir, air, dan salju, karena akan meningkatkan paparan UV,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/11/153453978/bmkg-indeks-sinar-uv-di-beberapa-daerah-aceh-bahaya-bagi-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke