Salin Artikel

Info Korban Jiwa Hoaks, Polda Kepri Pastikan Pulau Rempang Kondusif

BATAM, KOMPAS.com – Informasi yang menyebutkan telah terjadi korban jiwa dari kericuhan antara masyarakat Pulau Rempang, Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) dengan tim gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, Ditpam BP Batam, dan Satpol PP hanyalah hoaks.

Bahkan saat ini, kondisi di Rempang telah dinyatakan kondusif oleh Polda Kepri maupun BP Batam.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait mengungkapkan, pihaknya telah mendapat laporan dari tim satuan tugas yang berada di lapangan, bahwa kondisi Rempang hingga kini terpantau kondusif.

“Untuk saat ini, sudah kondusif. Kami berharap, masyarakat dan tim yang bertugas di sana selalu dalam kondisi sehat,” kata Ariastuty ditemui di Batam Centre, Jumat (8/9/2023).

Meski demikian, Ariastuty tak menampik jika masyarakat di beberapa titik masih melakukan aksi protes terhadap pengukuran yang akan dilakukan. Khususnya areal menuju Kantor Camat Sembulang.

“Kami harapkan tidak ada lagi upaya merusak dan anarkis tersebut. Sangat disayangkan apabila kembali terjadi, karena kami dapatkan informasi bahwa ada oknum yang sengaja menebang dan merusak pohon untuk menghalangi jalannya petugas kemarin,” papar Ariastuty.

Ariastuty menjelaskan, pengembangan Kawasan Rempang akan melibatkan masyarakat setempat. Sehingga, pihaknya mengajak masyarakat tak terpengaruh dengan informasi negatif yang telah beredar dari mereka yang tak bertanggung jawab.

“BP Batam sudah menyampaikan bahwa hak masyarakat terdampak pembangunan sudah diperhatikan. Semoga masyarakat bisa memahaminya,” ungkap Ariastuty.

Ariastuty membantah kabar miring yang menyebutkan adanya korban jiwa pada peristiwa pengukuran Kawasan Rempang oleh personel keamanan gabungan.

“Kabar itu tidak benar. Tidak ada korban jiwa. Untuk balita dan pelajar yang terhirup gas air mata telah mendapat pertolongan dari aparat kepolisian serta tim medis yang bertugas saat itu,” papar Ariastuty.

Ia mengungkapkan, tindakan tegas dari personel keamanan gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Ditpam BP Batam, dan Satpol PP dilakukan akibat aksi provokatif yang dilakukan oknum masyarakat tak bertanggung jawab.

Selain lemparan batu serta botol kaca ke arah petugas, beberapa masyarakat di areal Rest Area Simpang Rezeki juga mencoba melempari aparat dengan bom molotov saat hari mulai gelap.

Aksi anarki tersebut sangat disayangkan karena bisa melukai personel yang bertugas ataupun masyarakat sekitar yang berada di lokasi.

“Pengembangan Kawasan Rempang tetap melibatkan masyarakat setempat, bahkan hak masyarakat terdampak pembangunan sudah diperhatikan. Saya berharap agar masyarakat tidak terpengaruh informasi negatif yang telah beredar dari mereka yang tak bertanggung jawab,” ucap Ariastuty.

Kapolda Kepri, Irjen Tabana Bangun mengatakan, apa yang dilakukan tim terpadu dengan warga Rempang sudah sangat humanis.

"Apa yang dilakukan tim gabungan dalam mengelola pengamanan di Rempang sudah sangat humanis, hanya saja ada ketidakpuasan dari masyarakat atas adanya kegiatan pengukuran lahan untuk pengembangan proyek Rempang Eco City,” tutur Tabana.

Tabana menjelaskan, sebelum diturunkan tim terpadu ke Rempang, BP Batam telah lebih dulu memberikan sosialisasi kepada msayarakat. Bahkan sosialisasi ini tidak sekali dilakukan, melainkan berulang kali.

“Makanya tidak ada sesuatu hal yang berarti di Rempang dan proses pengamanan juga terjalin komunikasi yang baik antara tim terpadu, polisi, serta masyarakat,” ungkap Tabana.

Tabana menegaskan, sejak kemarin kondisi Rempang telah berjalan normal.

Memang, sambung dia, sempat ada pemblokiran jalan, namun tidak berlangsung lama. Bahkan aktivitas sampai sore kemarin berjalan baik dan pagi ini juga terpantau kondusif. 

“Kami bersama Danrem dan aparat kesatuan lainnya telah memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mendukung kebijakan ini, dan masyarakat pun sadar yang kemudian pulang ke rumah mereka masing-masing,” pungkas Tabana.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/08/093958478/info-korban-jiwa-hoaks-polda-kepri-pastikan-pulau-rempang-kondusif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke