Salin Artikel

Adik Bupati Musi Rawas Utara Dibunuh, Korban Dibacok Pelaku Saat Pertemuan dengan Warga

Polisi kemudian menangkap kedua pelaku yakni AR dan AW. Kedua pelaku adalah kakak dan adik. Mereka ditangkap di kawasan Batu Kucing, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) saat sedang bersembunyi.

Sesaat setelah pembacokan, rumah pelaku dibakar oleh keluarga korban.

Namun polisi yang datang ke lokasi berhasil meredakan ketegangan sehingga kebakaran tak meluas.

Dikutip dari Tribun Sumsel, kasus tersebut berawal saat ada pertemuan antara warga dan investor yang datang ke Desa Belani, Kecamatan Rawas di salah satu rumah warga.

Saat berlangsung pertemuan, tiba-tiba datang pelaku AR dan masuk ke dalam rumah.

AR kemudian ditegur oleh korban (Abadi) dengan mengatakan bahwa pertemuan tersebut adalah internal. AR adalah teman sekampung korban.

Pelaku yang tersinggung dengan ucapan korban, langsung pulang ke rumah mengambil parang dan datang kembali langsung membacok korban Abadi serta rekan Abadi bernama Deki.

Kedua korban yang terluka, langsung di bawa ke Puskesmas Bingin Teluk Kecamatan Rawas Ilir.

Sementara pelaku AR melarikan diri. Saat menjalani perawatan di Puskesmas Bingin Teluk, Abadi meninggal dengan luka bacok di kepala pada Selasa malam.

Sementara itu Kapolres Muratara, AKBP Koko Arianto Wardani mengatakan pihaknya masih memeriksa beberapa saksi untuk mengetahui motif pelaku.

"Untuk yang mengetahui motif sebenarnya adalah pelaku, bila pelaku sudah ketangkap baru kita tahu motif aslinya apa," ujar Koko, Rabu (6/9/2023).

Koko juga menegaskan peristiwa penganiayaan itu tidak ada kaitannya dengan gelaran Pilkades yang sebentar lagi akan berlangsung.

"Tidak ada, bukan masalah Pilkades, untuk berita masalah Pilkades itu simpang siur dari mana, bukan saya yang menyatakan itu," ungkapnya.

Ia juga membenarkan usai penganiayaan tersebut, keluarga korban sempat mengamuk dan membakar rumah pelaku.

"Namun, tidak sampai meluas kemana-mana langsung dipadamkan, Situasi sekarang aman dan kondusif masyarakat sudah beraktivitas seperti biasa," ujarnya.

Namun untuk mengantisipasi bentrok susulan, anggota kepolisian masih berjaga di lokasi untuk memastikan situasi aman kondusif.

Untuk itu, Koko mengimbau kepada pihak keluarga kedua belah pihak tahan emosi.

"Negara kita negara hukum semua ada solusinya, jangan main hakim sendiri karena main hakim sendiri melanggar pidana, sabar tahan diri," ujarnya.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo ketika melayat ke rumah duka di Jalan Lapangan Kerikil Kecamatan Sukarami menyatakan kedua pelaku telah ditangkap.

Pelaku AR dan AW ditangkap di wilayah Musi Banyuasin.

"Informasi dari Direktorat Reskrimum dua pelaku inisial AR dan AW sudah ditangkap, " ujar Rachmad usai melayat pada Rabu (6/9/2023).

Kedua pelaku kini sedang dalam perjalanan dari daerah Batu Kucing, Kabupaten Musi Banyuasin.

"Sekarang masih dalam perjalanan dari Batu Kucing, Kabupaten Musi Banyuasin menuju Polda Sumsel. Motifnya belum diketahui, kalau sudah sampai baru akan dipelajari, " katanya.

Albertus Rachmad Wibowo menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya adik kandung Devi Suhartoni Bupati Muratara.

"Kami turut berdukacita atas kepergian almarhum. Saya juga berterima kasih kepada pak Bupati yang sudah menjaga situasi Kamtibmas di Muratara sementara ini yang kondusif, " ungkapnya.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Aji YK Putra | Editor : Gloria Setyvani Putri), Tribun Sumsel

https://regional.kompas.com/read/2023/09/07/072700278/adik-bupati-musi-rawas-utara-dibunuh-korban-dibacok-pelaku-saat-pertemuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke