Salin Artikel

Menengok Jalan Provinsi di Blora, Ada Tambal Sulam Aspal di Ruas Ngawen-Japah-Todanan

Ketiga ruas jalan tersebut antara lain, jalan Kunduran - Ngawen - Blora, Todanan - Japah - Ngawen, dan Singget - Doplang - Randublatung - Cepu.

Meskipun berstatus sebagai jalan provinsi, tetapi tidak semua ruas jalan tersebut kondisinya bagus dan mulus. Contohnya, ruas Jalan Todanan - Japah - Ngawen. Ruas jalan tersebut saat ini masih beraspal dan rigid beton.

Jalan beraspal tersebut dapat dirasakan mulai dari Terminal Ngawen hingga depan kantor BRI Japah.

Salah seorang warga yang biasa melintasi ruas jalan tersebut, Marjan mengatakan, kondisi jalan masih belum bagus.

"Kalau rusak ya biasanya ditambal sulam, enggak yang diaspal semuanya," ucap Marjan berbahasa Jawa ditemui di sebuah warung pinggir jalan, Jumat (1/9/2023).

Menurutnya, kondisi jalan tersebut seharusnya diaspal goreng. Sebab, apabila aspalnya masih seperti itu akan gampang rusak, meskipun ditambal sulam.

"Apalagi kalau dibiarkan, ya lubangnya semakin besar," kata dia.

Memang sepanjang ruas jalan tersebut, kondisinya masih terlihat yang berlubang dan ditambal sulam.

Salah seorang warga Japah, Agus mengatakan kondisi jalan yang dicor beton cukup bagus dan mulus.

"Ya senang karena jalannya sudah mulus, kemudian untuk sampai tujuan lebih cepat. Kalau sebelum dicor beton ya jelek jalannya, kalau hujan jalannya becek dan air menggenang di jalan," kata dia.

Sedangkan dari sebelum jembatan Tlogowungu hingga Todanan, kondisi jalannya masih beraspal dan beberapa titik terdapat tambal sulam aspal.

"Kemudian kalau untuk jalan dari sebelum jembatan Tlogowungu sampai Todanan ya kondisinya kurang bagus karena aspalnya masih tambal sulam, sehingga jalannya tidak rata seperti cor beton," terang dia.

Sementara itu, Karyono selaku staf dari Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Purwodadi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPU BMCK) Jawa Tengah, mengatakan ruas jalan tersebut pada tahun 2023 ini sebagian sudah dicor beton dan diaspal.

"Tahun ini sudah dibangun rigid beton dari sebelah timur pasar Japah sepanjang 400 meter. Terus yang fleksibel aspal itu di Todanan kota 1,3 kilometer dari Polsek Todanan," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (1/9/2023).

Pihaknya juga mengakui bahwa ruas Jalan Todanan - Japah - Ngawen, yang jalannya sudah dicor beton berada di wilayah Japah. Sedangkan yang dari Japah - Todanan atau Japah - Ngawen, saat ini jalannya masih beraspal.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Yudi Kristiawan mengatakan ruas jalan Todanan - Japah - Ngawen yang memiliki panjang sekitar 30 kilometer tersebut belum sepenuhnya bagus usai berakhirnya masa jabatan Ganjar Pranowo sebagai gubernur Jawa Tengah.

"Kalau kabupaten Blora belum (bagus), seperti Singget Doplang Cepu, tepatnya di Timur Randublatung dan daerah Nglandeyan, sama Todanan Japah ngawen yang daerah Ngawen Japahnya," kata Yudi.

Maka dari itu, pihaknya berharap penerus Ganjar Pranowo dapat melanjutkan pembangunan ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Blora.

"Ya harapan kami setelah pak Ganjar selesai ya penerusnya bisa melanjutkan pembangunan jalan di Kabupaten Blora," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/04/234542878/menengok-jalan-provinsi-di-blora-ada-tambal-sulam-aspal-di-ruas-ngawen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke