Salin Artikel

Pria Asal Lampung Tewas Terjatuh Saat Perbaiki Mesin Tambang Timah Laut

BANGKA, KOMPAS.com - Penambang timah ponton apung bernama M Teguh (25) ditemukan tewas tenggelam di perairan laut Tanjung Ru, Kecamatan Parit Tiga, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (1/9/2023).

Dua hari sebelumnya, Teguh dilaporkan hilang saat memperbaiki mesin ponton jenis tambang inkonvensional (TI) rajuk.

Jasad pria asal Lampung itu pertama kali ditemukan nelayan dan langsung dievakuasi ke rumah sakit setempat.

Komandan Pos SAR Mentok, Sufani mengatakan, jasad Teguh ditemukan mengapung sekitar 200 meter dari lokasi kejadian awal. Saat ditemukan, jasad dalam keadaan utuh mengenakan pakaian lengkap.

"Ditemukan sekitar pukul 09.00 WIB oleh nelayan yang memang ikut dalam tim pencarian gabungan," kata Sufani pada awak media, Jumat.

Teguh mengalami kecelakaan kerja di laut saat memperbaiki mesin ponton yang rusak. Diduga Teguh terjatuh karena ponton yang dinaikinya bergoyang dihempas ombak besar.

Peristiwa tenggelamnya pekerja tambang itu terjadi pada Rabu (30/8/2023) sekitar pukul 15.30 WIB. Para penambang lainnya sempat melakukan pencarian awal, namun tidak berhasil.

Informasi adanya pekerja hilang akhirnya dibuka kepada tim SAR pada malam harinya sekitar pukul 21.25 WIB.

Tim SAR gabungan terdiri dari 1 tim Rescue Unit Siaga SAR Mentok, Polair Polres, perangkat desa dan Fourtynine Diving Club.

Dengan telah ditemukannya korban dan evakuasi, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Pangkalpinang, I Made Oka Astawa selaku SAR Mission Coordinator menyatakan operasi SAR secara resmi ditutup dan setiap tim kembali ke posko masing-masing.

Insiden kematian pekerja tambang merupakan yang ketiga kalinya terjadi dalam tiga pekan terakhir. Sebelumnya dua pekerja tewas di Toboali, Bangka Selatan.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/01/225939678/pria-asal-lampung-tewas-terjatuh-saat-perbaiki-mesin-tambang-timah-laut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke