Salin Artikel

Nama Koalisi Partai Pendukung Prabowo Berubah, Airlangga: Karena Target 2045 adalah Indonesia Maju

Diketahui, partai pendukung Bacapres Prabowo Subianto sebelumnya tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Namun, nama koalisi tersebut berubah menjadi Koalisi Indonesia Maju. 

Koalisi tersebut terdiri dari lima partai politik, yakni Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hertanto mengatakan perubahan nama ini terjadi saat pertemuan merayakan HUT PAN yang ke-25 tahun, pada Senin (28/8/2023).

"Nah pada saat pertemuan itu di-launching nama koalisi. Karena pada waktu pertemuan sebelumnya kita belum me-launching," kata Airlangga Hertanto, saat di Kota Solo, pada Selasa (29/8/2023).

Airlangga juga mengungkapkan nama Koalisi Indonesia Maju sesuai target Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional 2025-2045, atau dikenal dengan sebutan cita-cita mewujudkan Indonesia Emas. Cita-cita Indonesia Emas 2045 dengan visi "Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan".

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, nama koalisi yang sama dengan nama kabinet saat ini memang ditujukan untuk melanjutkan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ya memang ini kelanjutan daripada apa yang sudah dilakukan oleh Pak Jokowi," kata Zulkifli.

Seperti diketahui, Indonesia Maju sendiri merupakan nama koalisi partai politik pendukung Jokowi pada Pemilu 2019 sama dengan nama kabinet pada periode ini. 

https://regional.kompas.com/read/2023/08/29/160016678/nama-koalisi-partai-pendukung-prabowo-berubah-airlangga-karena-target-2045

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke