Salin Artikel

Polisi Tangkap 3 Tersangka Pembobol Rekening Puskesmas di Surabaya

Pelaku diduga menggunakan modus phising untuk mengambil uang puluhan juta rupiah.

Phishing merupakan kejahatan siber yang menargetkan informasi atau data sensitif korban melalui email, unggahan media sosial, atau pesan teks.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Arif Rizky Wicaksana, penangkapan itu bermula laporan Puskesmas Kali Kedinding yang kehilangan uang di rekening, pada Mei 2023.

"Karena ada laporan dari Puskesmas Kali Kedinding dan BOK (Bantuan Operasional Kesehatan) di rekening tiba-tiba hilang," kata Arif, ketika dikonfirmasi melalui telepon, Senin (28/8/2023).

Ketika itu, kata Arif, pelapor mengaku sama sekali tidak melakukan transaksi menggunakan rekening Puskesmas Kali Kedinding. Namun, tercatat melakukan pengeluaran.

"Korban melaporkan tidak melakukan transaksi. Namun, tiba-tiba muncul (catatan) debit di rekening dengan nonimal hingga puluhan juta rupiah," jelasnya.

Akhirnya, ketiga pelaku pembobolan rekening Puskesmas tersebut ditangkap.

Polisi menemukan mereka saat bersembunyi di hutan di Palembang, Sumatera Selatan.

"Dari dari hasil penyelidikan terduga pelaku terdeteksi di Palembang, saat ini sudah kami amankan. Ada tiga orang (pelaku) berinisial AA, WW, dan SU," ucapnya.

Namun, Arif tidak mengungkap secara detail modus dan jumlah uang yang hilang akibat tindakan ketiga pelaku.

Sebab, polisi sampai sekarang masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait perkara itu.

"Kami mohon waktu, saat ini kami masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Nanti akan kami sampaikan perkembanganya," tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/28/225750178/polisi-tangkap-3-tersangka-pembobol-rekening-puskesmas-di-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke