Salin Artikel

Kisah Penemuan Sumber Air di Lahan Gersang Sragen, Berkah Saat Kemarau Panjang

Dilansir dari TribunSolo.com, lereng bukit tersebut gersang karena terdampak kekeringan akibat kemarau panjang tahun ini. Lahannya kering dan kondisinya gundul karena tak banyak tanaman.

Sementara di sekitar area sumber air itu terdapat semak belukar. Selain itu di atasnya tumbuh pohon jati.

Warga sekitar, Jarwanto mengatakan sumber air itu ditemukan Rabu (17/8/2023) lalu. Dia mengatakan sumber air itu ditemukan oleh warga bernama Sutiman saat hendak mencari  rumput untuk pakan kambing.

"Yang menemukan Mbah Sutiman, Mbah Sutiman punya kambing, ceritanya waktu mau mencari pakan kambing," katanya dikutip TribunSolo.com, Sabtu (26/8/2023).

Saat melangkah, kaki Sutiman tak sengaja menginjak tanah yang kondisinya basah. Kemudian tanah tersebut digali Sutiman dan ternyata mengeluarkan air.

"Waktu melangkah menginjak tanah ini, rasanya dingin, terus digali. Setelah digali ternyata keluar air," tuturnya.

Warga sekitar pun bersyukur dengan penemuan sumber air di tengah kondisi kemarau yang berkepanjangan ini. Rencananya, warga akan membuat penampungan, dengan harapan airnya dapat dimanfaatkan oleh warga.

"Rencananya mau dibuat tampungan, biar katanya bisa dimanfaatkan untuk di tegal atau diambil siapa saja ke sini, juga bisa untuk minum hewan, karena memang debit airnya kecil," jelasnya. 

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Kisah Mbah Sutiman, Temukan Sumber Air di Tengah Kekeringan Melanda Sragen.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/27/091405178/kisah-penemuan-sumber-air-di-lahan-gersang-sragen-berkah-saat-kemarau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke