Salin Artikel

Diduga Diserang Tawon Vespa, Warga Kabupaten Semarang Meninggal

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang, Anang Sukoco mengatakan Yasmo dikabarkan disengat tawon pada Selasa (22/9/2023) siang.

"Dari informasi yang kami terima, korban di kebun kemudian diserang kawanan tawon tersebut," jelasnya saat dihubungi, Kamis (24/8/2023).

Setelah itu, Yasmo sempat dibawa ke puskemas untuk mendapat perawatan medis. Namun karena kondisinya terus melemah, dia meninggal dunia. "Meski begitu, harus ada pemeriksaan lanjutan terkait penyebab kematian, apakah benar karena tawon atau sebab lain," paparnya.

Setelah ada kejadian tersebut, kata Anang, warga meminta petugas Damkar untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut. "Evakuasi atau pemusnahan dilakukan malam hari, sarangnya dibakar oleh petugas yang memakai peralatan keamanan lengkap," tegasnya.

Anang mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati bila melihat sarang atau kawanan tawon.

"Tawon ini kan banyak jenisnya, ada yang berbahaya jika melakukan serangan atau sengatan ke manusia. Jika ini terjadi, langsung bawa ke tempat perawatan medis," kata dia.

"Selain itu, segera lapor ke petugas damkar jika ingin melakukan evakuasi. Jangan ceroboh atau mengambil risiko tanpa perhitungan, harus dilakukan orang terlatih dan memiliki peralatan agar tidak menjadi korban," ungkap Anang.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/24/193435978/diduga-diserang-tawon-vespa-warga-kabupaten-semarang-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke