Salin Artikel

Dijatah 3 Kursi DPR RI, Istri Mantan Gubernur dan Anak Yusril Bersaing di Babel

Sejumlah ketua partai dan figur-figur kuat bermunculan untuk memerebutkan jatah tiga kursi di Senayan.

Selain para pendatang baru, tiga anggota DPR yang masih menjabat telah memastikan diri untuk kembali berlaga di Pemilu 2024.

Dikutip dari daftar caleg sementara yang diterbitkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), tiga caleg petahana dari Bangka Belitung yakni Rudianto Tjen (PDI Perjuangan), Bambang Patijaya (Golkar) dan Zuristyo Firmadata (Nasdem).

Bambang merupakan ketua DPD Golkar Bangka Belitung, begitu juga dengan Zuristyo yang menjabat ketua DPW Nasdem Bangka Belitung.

Sedangkan Rudianto tercatat sebagai wakil bendahara di DPP PDI Perjuangan.

Sementara penantang baru dari kalangan ketua partai antara lain Rudolf Kadarisman (ketua DPD Demokrat Bangka Belitung), Hellyana (ketua PPP Bangka Belitung) dan Hermanto Phoeng (ketua DPW Perindo Bangka Belitung).

Kandidat lainnya dari kalangan elite partai yang siap mendominasi yakni hadirnya sosok Melati yang merupakan istri mantan gubernur yang juga ketua DPD Gerindra Bangka Belitung Erzaldi Rosman.

Kemudian dari kubu Partai Bulan Bintang ada Yuri Kemal Fadlullah yang merupakan putra dari  Yusril Ihza Mahendra.


Saat ini alokasi tiga kursi untuk DPR RI dari Bangka Belitung belum ada penambahan karena sebaran penduduk yang masih di bawah 2 juta jiwa.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Belitung Timur Marwansyah mengatakan, tahapan daftar caleg sementara atau DCS berlangsung hingga 28 Agustus 2023.

Masyarakat bisa memberi tanggapannya secara offline dengan mendatangi kantor KPU setempat.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu Kota Pangkalpinang Imam Ghozali mengatakan, pengawasan dilakukan untuk setiap tahapan pemilu, termasuk soal DCS yang telah dirilis KPU.

"Bawaslu terbuka kalau ada masyarakat yang ingin menyampaikan langsung sesuatu tentang DCS," ujar Imam.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/21/102922478/dijatah-3-kursi-dpr-ri-istri-mantan-gubernur-dan-anak-yusril-bersaing-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke