Salin Artikel

Alasan 6 Komodo dari Bogor Dilepasliarkan di Kawasan Cagar Alam Wae Wuul NTT

KUPANG, KOMPAS.com - Pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melepasliarkan enam komodo asal Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua Bogor, Jawa Barat, di kawasan Cagar Alam Wae Wuul, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Kepala BBKSDA NTT Arief Mahmud mengatakan, pemilihan lokasi pelepasliaran ke habitat alam di Cagar Alam Wae Wuul dilakukan atas dasar hasil kajian pemetaan genetik (haplotype) dan survei lapangan untuk kesesuaian habitatnya.

"Kesesuaian secara genetik asal induk komodo dari CA Wae Wuul dan pemilihan lokasi di CA Wae Wuul didasarkan pada beberapa indikator," kata Arief kepada sejumlah wartawan, Rabu (16/8/2023).

Indikator tersebut, lanjut dia, yakni ketersedian pakan, keamanan dari gangguan dan beberapa indikator lainnya.

"Untuk penentuannya telah melibatkan ahli dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional)," kata Arief.

Arief pun mengapresiasi seluruh pihak yang telah mendukung proses pemulangan kembali satwa komodo ke Cagar Alam Wae Wuul pada Selasa (15/8/2023).

Dia pun berharap, komodo yang dilepasliarkan ini dapat mendukung kelestarian dan peningkatan populasi komodo di habitat aslinya.

Dia menyebut, kolaborasi para pihak ini berada di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik (KKHSG), melalui Balai Besar KSDA Jawa Barat dan Balai Besar KSDA Nusa Tenggara Timur.

“Ada kewajiban bagi lembaga konservasi untuk mendukung pemulihan populasi satwa liar dilindungi dan hampir punah di habitat alaminya melalui program pelepasliaran. Pengembalian enam ekor satwa komodo ini merupakan bentuk kepedulian dan upaya konservasi para pihak yang peduli dengan populasi komodo khususnya yang ada di Flores," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/16/104210278/alasan-6-komodo-dari-bogor-dilepasliarkan-di-kawasan-cagar-alam-wae-wuul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke