Salin Artikel

Ada 1.000 Bendera Merah Putih Terpasang, Jalan Desa di Purworejo Ini Jadi Wahana "Selfie" Warga

Acara yang dipelopori oleh pihak kecamatan tersebut membuat jalan desa sepanjang 1,2 kilometer menjadi wahana swafoto atau selfie baru di Purworejo. Banyak warga yang berfoto dengan latar belakang ribuan bendera tersebut.

Camat Ngombol Bangun Erlangga Ibrahim mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memupuk semangat nasionalisme dan cinta tanah air. Dengan mengibarkan bendera ini diharapkan, warga semakin tumbuh rasa nasionalismenya.

"Setelah masa pandemi Covid-19, kegiatan semeriah ini menjadi pertanda normalitas yang kembali. Dan ini merupakan tindak lanjut dari gerakan pemberian 10 juta bendera di Kecamatan Ngombol," kata Bangun Erlangga di lokasi pada Jumat (11/8/2023).

Jalan desa ini dipilih untuk diberi hiasan ribuan bendera merah putih karena pemandangannya yang masih khas pedesaan. Bangun menyebut, dalam pengibaran ribuan bendera ini pihaknya melibatkan sejumlah elemen masyarakat. 

"Saya sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat Ngombol. Dan berharap acara ini akan menginspirasi seluruh masyarakat Purworejo," kata Bangun Erlangga.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Koramil/15 Ngombol, Polsek Ngombol, Pemerintah Kecamatan Ngombol, Anggota DPRD Kabupaten Purworejo, dan Ponpes Al-Barokah Ngombol.

Salah satu warga Temenggungan, Dewi Parwati merasa bangga desanya bisa  dikenal banyak orang dan tampak meriah dalam menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78.

Ia berharap, ini bisa menjadi gelaran tahunan bagi desa Temenggungan.

"Untuk ke depan berharap acara seperti ini tetap ada dan bisa lebih meriah lagi dengan bendera lebih banyak dan spektakuler," paparnya.

Vita, salah satu pengunjung, mengaku senang bisa berfoto dengan latar belakang 1.000 bendera. Ini menjadi pengalaman unik bagi Vita dan teman-temannya yang sengaja datang untuk berfoto.

"Ya menarik sih, unik juga karena dalam momen kemerdekaan," kata Vita.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/11/175914378/ada-1000-bendera-merah-putih-terpasang-jalan-desa-di-purworejo-ini-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke