Salin Artikel

Rabies Terdeteksi di Kupang, Pj Wali Kota Minta Semua Anjing Dikandangkan

George menyebutkan, ada anjing di Kelurahan Oesapa dan Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, yang mati akibat rabies.

"Walaupun ada kasus rabies, tapi belum ada laporan warga kita yang terkena gigitan anjing," kata George kepada Kompas.com, Rabu (9/8/2023) malam.

Menurut George, terungkapnya kasus rabies itu, setelah sampel otak anjing yang mati tersebut dikirim dan diuji di laboratorium.

"Setelah hasil uji laboratorium keluar positif rabies, makanya kita langsung sampaikan ke publik," kata dia.

Terkait kondisi itu lanjut George, Ada sejumlah langkah yang dibuat Yakni mengimbau warga agar mengikat atau mengkandangkan anjing.

Vaksin untuk hewan kata dia, diberikan secara gratis oleh Dinas Pertanian Kota Kupang.

Dia berharap, imbauan dan surat edaran yang telah disebar ke masyarakat, agar bisa dipatuhi, sehingga tidak terjadi hal yang diinginkan.

"Yang paling penting itu, aparat di dua kelurahan tersebut segera sampaikan kepada seluruh masyarakat agar semua anjing peliharaan dikandangkan atau diikat, begitu dilepas maka akan ambil tindakan tegas dikasih mati," kata George. 

Lebih baik anjing itu mati dari pada membawa dampak pada masyarakat. Manusia lebih berarti dari pada anjing itu. Saya kira semua masyarakat bisa memahami ini," lanjutnya.

Dia juga sudah memerintahkan dinas terkait untuk segera sampaikan soal permintaan ini kepada masyarakat yang memelihara anjing.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/10/055238978/rabies-terdeteksi-di-kupang-pj-wali-kota-minta-semua-anjing-dikandangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke