Salin Artikel

Lokasi Tambang Emas Ilegal yang Renggut 8 Nyawa di Banyumas Ditutup

Penutupan ini dilakukan menyusul adanya delapan korban jiwa yang terkubur di dalam salah satu lubang galian sedalam puluhan meter.

"Dari berbagai kajian, saran, masukan, maka bupati memutuskan pertambangan emas ilegal ini ditutup dan dibongkar," kata Kepala Satpol PP Banyumas, Sugeng Amin di lokasi, Selasa.

Amin mengatakan, total ada 34 lubang yang diurug. Selain itu, seluruh gubuk atau bedeng yang berdiri di lokasi tambang juga dibongkar.

"Seluruh bedeng dibongkar dan sumur ditutup. Namun ada empat lubang dan bedeng yang tidak boleh disentuh sampai proses hukum selesai," jelas Amin.

Selain itu juga terdapat satu bangunan gudang pengolahan hasil tambang yang tetap dipertahankan karena terkait dengan proses penyelidikan.

Diberitakan sebelumnya, delapan penambang terjebak di lubang galian pada Selasa (25/7/2023). Hingga tujuh hari operasi penyelamatan, para penambang tidak dapat diselamatkan.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/08/110201678/lokasi-tambang-emas-ilegal-yang-renggut-8-nyawa-di-banyumas-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke