Salin Artikel

Tiga Nama Calon Pj Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Diusulkan ke Kemendagri, Ada Kepala BKKBN

Ketiga nama yang diusulkan ke Kemendagri antara lain Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, Kepala Badan Diklat Kejagung RI Tony Tribagus Spontana, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sumarno.

"Ketiga nama tersebut merupakan hasil dari rapat gabungan. Seluruh pimpinan DPRD Jawa Tengah dan Ketua Fraksi turut dalam musyawarah pengusulan nama tersebut," kata Ketua DPRD Jateng Sumanto, di kantornya, Senin (7/8/2023).

Politikus PDI-P itu menjelaskan pemilihan tiga nama itu bukan tanpa alasan. Menurutnya ketiga nama tersebut dinilai mampu meneruskan program kerja Ganjar Pranowo. 

“Kriterianya ketiga orang tersebut bisa melanjutkan program-program dari Pak Gubernur Jateng. Dan itu sudah kami usulkan ke Kemendagri,” lanjut Sumanto.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) nantinya akan memilih satu nama dari calon yang diusulkan oleh Kemendagri. 

Sebagai informasi, salah satu kandidat Pj Gubernur Jateng, Hasto Wardoyo pernah menjabat sebagai Bupati Kulonprogo. Lalu Presiden Jokowi mengangkatnya menjadi Kepala BKKBN pada Juli 2019 silam.

Sementara itu, Tony Tribagus Spontana mengawali kariernya sebagai Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI pada 2014. Kemudian ia menjadi Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI pada tahun 2020 silam.

Sedangkan Sumarno merupakan ASN yang telah lama berkarir di Pemprov Jateng. Sebelum menjabat Sekda Jateng, ia menjadi Kepala BPKAD Jateng.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/07/202620578/tiga-nama-calon-pj-gubernur-jateng-pengganti-ganjar-diusulkan-ke-kemendagri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke