Salin Artikel

Tunjangan Guru di Karawang 3 Bulan Tak Cair, PGRI Layangkan Protes

Ketua PGRI Karawang Nandang Mulyana menilai lambatnya penunjukkan Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pendidikan  Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang lah yang menghambat penyaluran TPG. 

Diketahui Kepala Disdikpora Karawang Asep Junaedi mengundurkan diri dari jabatannya untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon legislatif Pilkada 2024. 

"Kemarin itu memang ada persoalan karena kekosongan jabatan. Sehingga tidak ada yang mendatangani untuk TPG," kata Nandang saat dihubungi melalui telepon, Rabu (2/8/2023). 

PGRI mendorong pemerintah daerah segera mengurus pencairan untuk TPG. Pasalnya, Surat Keputusan (SK) Plt Kadisdikpora baru ada dua hari lalu. 

Dampak dari kekosongan jabatan Disdikpora kemarin, kata Nandang, ada 8.000 lebih guru yang tidak merasakan TPG selama tiga bulan. 

"Kalau perbulannya Rp 5 juta, itu berarti Rp 15 juta kalau tiga bulan," kata Nandang. 

Plt Kadisdikpora Karawang Cecep Mulyawan mengatakan, pembayaran TPG sedang diproses. 

"Secepatnya akan segera kita cairkan dana TPG triwulan kedua karena sekarang sedang dalam proses administrasi. Kami dari Disdikpora bekerja keras untuk mencairkan dana TPG dalam tempo yang sesingkat-singkatnya," kata Cecep. 

Cecep berharap para guru bersabar. Menurutnya, TPG bakal secara cair. Ia juga meminta masalah dana TPG triwulan kedua tak perlu dipersoalkan lagi. 

Hanya saja, Cecep menolak menanggapi penyebab telatnya pencairan dana TPG yang sempat ramai. 

"Bagi saya tidak penting membicarakan penyebabnya, karena ada yang lebih penting yaitu bekerja untuk mempercepat realisasi TPG triwulan kedua," kata Cecep.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/02/160731978/tunjangan-guru-di-karawang-3-bulan-tak-cair-pgri-layangkan-protes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke