Salin Artikel

Basarnas Sebut Ada Longsoran di Lubang Dondong, Sebelah Lokasi 8 Penambang Emas Terjebak

Longsoran itu berada di lubang Dondong, yang berada tepat di sebelah lubang Bogor atau lokasi delapan penambang terjebak.

"Lokasi sudah sempat kami masuki, ada titik longsor," ungkap Kepala Basarnas Cilacap sekaligus SAR Mission Coordinator, Adah Sudarsa di lokasi kejadian, Minggu (30/7/2023) sore.

Titik itu berada di sumur pertama atau yang paling atas dengan kedalaman sekitar 20 meter.

Menurut Adah, titik longsoran itu sebagai sinyal bahaya bagi tim SAR, sehingga tidak melanjutkan penelusuran ke bawah.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak delapan orang terjebak di lokasi penambangan emas di Desa Pancurendang, sejak Selasa (25/7/2023) malam.

Mereka yang seluruhnya berasal dari Bogor, Jawa Barat ini terjebak akibat aliran air yang keluar dari lubang di sebelahnya secara tiba-tiba. Hingga kini para korban masih belum bisa dievakuasi.

Tim SAR gabungan hari ini kembali melanjutkan upaya penyelamatan. Tim SAR masih fokus melakukan penyedotan besar-besaran dari enam lubang tambang.

Hal itu berdasarkan analisis yang dilakukan tim Basarnas dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah.

"Perhitungan kami dan ESDM, semua sumur sudah berisi air, sudah saling terkoneksi," ungkap Kepala Basarnas Cilacap sekaligus SAR Mission Coordinator Adah Sudarsa di lokasi kejadian, Minggu (30/7/2023) sore.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/30/210452278/basarnas-sebut-ada-longsoran-di-lubang-dondong-sebelah-lokasi-8-penambang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke