Salin Artikel

100 Orang Ditangkap Saat Konvoi Rayakan Pengesahan Jadi Anggota Perguruan Silat di Surabaya

Pihak polisi sebelumnya telah mengimbau agar mereka tidak berkonvoi dan melintasi Kota Surabaya. Mereka juga dilarang mengenakan atribut perguruan silat. 

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Herlina mengatakan, anggotanya menangkap sebanyak 100 pesilat yang melakukan konvoi.

Petugas pun menyita sepeda motor yang tidak dilengkapi dengan surat-surat.

“Kami amankan agar mereka tidak konvoi dan membuat ketidaktertiban dalam pelaksanaan malam pengesahan warga baru penguruan silat,” kata Herlina, ketika dikonfirmasi.

Herlina mengungkapkan, para pesilat tersebut sudah melanggar kesepakatan bersama, antara pihak kepolisian dan pimpinan perguruan, di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

Dalam pertemuan, keduanya sepakat tidak ada konvoi dan kegiatan lainya setelah pengesahan anggota perguruan. Sebab, berpotensi mengganggu ketertiban masyarakat umum.

"Mereka setuju dengan menandatangani maklumat bahwa dalam pelaksanaan pengesahan tidak ada warga (anggota) lain yang melakukan konvoi ataupun kegiatan lain selain warga yang disahkan,” tambahnya.

Polisi juga melaporkan telah terjadi kecelakaan saat konvoi para pesilat itu. Salah seorang anggotanya menabrak  polisi di kawasan Perak Barat, Sabtu dini hari. Akibatnya, petugas tersebut harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Berdasarkan rekaman video yang beredar, seorang anggota polisi tampak kesakitan dan terlentang di aspal jalan. Sedangkan, sejumlah orang terlihat mengelilinginya untuk melihat kondisi petugas itu.

Herlina mengatakan, polisi yang terkapar tersebut merupakan anggota Samapta yang tengah bersiaga di sekitar perbatasan Surabaya.

Kemudian, kata Herlina, dia berniat untuk melarang konvoi pesilat, agar tidak masuk ke wilayah Surabaya. Akhirnya, petugas tersebut tertabrak rombongan sepeda motor yang melintas.

"Jadi bukan diserang. Ditubruk (ditabrak)," kata Herlina, ketika dikonfirmasi awakmedia.

Saat ini, Herlina masih belum mengetahui kondisi anggotanya yang tertabrak konvoi tersebut. Namun, polisi itu langsung dilarikan ke Rumah Sakit (RS) PHC agar mendapatkan penanganan.

"Satu orang saja, ini masih diperiksa oleh dokter. Doakan tidak ada luka serius," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/29/144010378/100-orang-ditangkap-saat-konvoi-rayakan-pengesahan-jadi-anggota-perguruan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke