Salin Artikel

Ganjar Terima 842 Aduan Pungli di Sekolah, Ada Ijazah Ditahan dan Pembelian Seragam

SEMARANG, KOMPAS.com-Sepanjang 2023 hingga Juli, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menerima 842 aduan soal pungutan liar (pungli) di sekolah dari berbagai kabupaten/kota.

Aduan pungli itu diunggah di akun media sosial instagram pribadinya @ganjar_pranowo pada Kamis (27/7/2023).

Terlihat postingan gambar berisi rekap bulanan aduan pungli di Jateng yang diterima melalui Kanal Disdikbud Jateng dan LaporGub.

Menanggapi hal itu, Kepala Disdikbud Jateng Uswatun Hasanah mengungkapkan aduan pungli itu mulai dari ijazah yang ditahan, pembelian seragam sekolah, hingga iuran berkedok infak seperti sempat viral di SMK Negeri 1 Sale Rembang kemarin.

"Aduan itu dari sekolah negeri dan swasta, sementara yang swasta itu mayoritas tidak bisa mengambil ijazah atau ijazah ditahan," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (28/7/2023).

Pihaknya mengatakan tidak semua aduan masuk dapat ditindaklanjuti. Pasalnya terdapat salah satu kasus di mana pelapor merupakan lulusan lama sebelum adanya program sekolah gratis di Jateng.

"Tidak semua aduan betul, karena setelah diverifikasi aduan itu berasal dari alumni yang dulu belum diterapkan sekolah gratis. Jadi sebelum tahun 2020," terangnya.

"Kami sudah ada SOP yang hari ini kita tanda tangani bersama. SOP terkait pelanggaran-pelanggaran yang demikian itu, maka bisa saja nanti yang terbukti mereka akan diPlh-kan dari jabatannya selama satu bulan sampai bisa menyelesaiakan hal tersebut," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/28/232203078/ganjar-terima-842-aduan-pungli-di-sekolah-ada-ijazah-ditahan-dan-pembelian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke