Salin Artikel

Seorang Warga Indragiri Hilir Riau Meninggal Akibat Digigit Anjing Rabies

PEKANBARU, KOMPAS.com - Seorang warga Desa Kempas Jaya, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, meninggal dunia akibat digigit anjing rabies.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Herman.

"Kasus warga digigit anjing (rabies) di Riau ada 5 orang. Namun, satu orang meninggal dunia karena tidak vaksin. Sedangkan 4 orang selamat setelah cepat vaksin," kata Herman melalui keterangan tertulis, Selasa (25/7/2023).

Menurut Herman, korban sempat dilarikan ke RSUD Puri Husada Tembilahan. Namun, nyawa korban tak tertolong.

Hal itu karena korban awalnya menganggap hanya digigit anjing biasa, sehingga tidak melapor kepada petugas kesehatan untuk mendapatkan vaksin.

Korban dibawa ke Puskesmas Kempas setelah kondisinya semakin parah.

Setelah itu, korban dirujuk ke RSUD Puri Husada Tembilahan, namun korban akhirnya meninggal dunia.

"Kami langsung menurunkan tim ke Kecamatan Kempas untuk melakukan sosialisasi kepada warga yang memiliki hewan peliharaan, dan melakukan vaksin massal," kata Herman.

Sementara itu, Bupati Inhil, Muhammad Wardan mengingatkan kepada warganya untuk selalu waspada terhadap bahaya penularan rabies.

"Saat ini sedang terjadi satu korban dari anjing rabies di Desa Kempas Jaya Kecamatan Kempas, meninggal dunia," ujar Wardan.

Dia meminta warga agar waspada dan hati-hati terhadap gigitan anjing.

Pasca kejadian tersebut, pihaknya langsung meminta Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan serta Dinas Kesehatan Inhil untuk dapat bergerak cepat melaksanakan vaksinasi.

Wardan juga berharap kerja sama TNI-Polri dalam mengedukasi masyarakat soal bahaya rabies.

"Saya minta kepada dinas terkait untuk dapat melakukan vaksinasi dan bekerjasama dengan Babinkamtibmas dan Babinsa untuk memasifkan edukasi kepada masyarakat mengenai penyebaran virus rabies," kata Wardan.

Kemudian, dia berharap agar masyarakat secara aktif melaporkan kepada petugas kesehatan apabila mengetahui ada kasus gigitan anjing.

Warga diminta langsung melapor ke petugas kesehatan di puskesmas terdekat.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/25/184410578/seorang-warga-indragiri-hilir-riau-meninggal-akibat-digigit-anjing-rabies

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke