Salin Artikel

268 Warga Keracunan Makanan Reses, Anggota DPRD Kota Cimahi Sebut Murni Musibah

CIMAHI, KOMPAS.com - 268 warga mengalami keracunan makanan sehari setelah makan nasi boks dari kegiatan reses Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Cimahi di Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi pada Sabtu (22/7/2023).

Edi Sofyan, anggota DPRD Kota Cimahi fraksi PPP mengatakan, nasi boks untuk peserta reses tersebut disediakan oleh panitia lokal kegiatan di Padasuka dan pemilihan katering berdasarkan pengalaman penyedia makanan untuk kegiatan di Pemkot Cimahi.

Dia mengatakan, kegiatan reses dan penunjukkan katering itu mengacu pada aturan dan kesepakatan rapat Badan Musyawarah DPRD Kota Cimahi.

Terkait hal ini, pihaknya meminta maaf dan tengah melakukan pendataan untuk memberi bantuan.

"Ternyata terjadi musibah, ini tidak sengaja dan tidak ada niatan atas kejadian seperti ini. Saya mohon maaf kepada masyarakat khususnya bagi yang mengikuti reses di Padasuka," ucap Edi.

Terkait kasus keracunan makanan yang saat ini ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), Edi mengaku siap diperiksa polisi.

"Saya bakal mengikuti pemeriksaan, tapi sampai saat ini belum, nanti pasti akan dimintai keterangan oleh polisi," ujar Edi dikutip Tribun Jabar.

Makanan tersebut, kata dia, tiba pada pukul 11.00 WIB, sedangkan kegiatan reses dimulai pukul 13.00 WIB.

Namun, Edy mengaku tidak mengonsumsi makanan itu karena niatnya lebih mementingkan peserta reses.

"Sempat lihat isi boksnya dan menurut saya kondisinya layak. Enggak tahu kalau mengandung bakteri mungkin hasil laboratorium yang bisa memastikan," katanya.

Setelah kejadian itu, kata dia, pihaknya terus melakukan pendataan bagi korban keracunan untuk diberi bantuan materi maupun moril karena pihaknya tidak melihat konstituen tetapi melihat korban merupakan warga Kota Cimahi.

"Saya juga khusnudzon, tidak melihat ada unsur politis. kalau ada yang jahil saya juga melihat hal itu tidak mungkin, tapi murni musibah," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Nasi Boks di Resesnya Bikin Ratusan Warga Keracunan, Anggota DPRD Cimahi Ini Siap Diperiksa Polisi

https://regional.kompas.com/read/2023/07/24/222430378/268-warga-keracunan-makanan-reses-anggota-dprd-kota-cimahi-sebut-murni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke