Salin Artikel

Kesaksian Sopir, Truknya Tabrak Gedung Kesenian Balikpapan, 4 Rekannya Loncat dari Bak Truk

KOMPAS.com - Truk menabrak Gedung Kesenian Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (22/7/2023).

Sopir truk berinisial IDS mengatakan, sebelum peristiwa itu, rekan-rekannya sedang menaikkan barang ke truk.

"Tiba-tiba remnya blong, dan truk langsung meluncur ke bawah nabrak Gedung Kesenian," ujarnya, Sabtu, dikutip dari Tribunnews.

Ketika truk itu meluncur, empat kawan IDS masih berada dalam bak truk.

"Jadi pas waktu rem blong, mereka di atas bak itu pada loncat," ucapnya.

Pengantin pria, Muhammad Hibaturachman alias Fathur menuturkan, meski acara sudah selesai, ia beserta istri dan keluarga masih berada di lokasi.

Di detik-detik kecelakaan, Fathur melihat ada truk yang meluncur ke arah Gedung Kesenian Balikpapan. Merasa janggal, ia spontan menarik tangan orang di dekatnya agar terhindar dari tabrakan.

Kejadian tersebut membuat Fathur dan istrinya syok dan panik.

"Saya langsung cek orangtua. Awalnya makin panik karena nggak ketemu, tapi ternyata sudah di luar," ungkapnya.

Fathur pun mengaku trauma dengan peristiwa tersebut.

"Saya sendiri pun agak trauma. Apalagi juga ada beberapa keluarga itu yang luka, adik saya pingsan. Cuma kebanyakan sih luka ringan," tuturnya.

Kepala UPTD Pengelolaan dan Perawatan Gedung Pemerintah (P2GP) Pemkot Balikpapan Djogeh menjelaskan, kecelakaan ini menimbulkan kerugian lebih dari Rp 500 juta.

"Masih kita lihat sesuai sisi mana yang hancur. Ini baru aja ditarik, jadi kelihatan sedikit. Tapi kalau ditaksir, yang jelas di atas Rp 500 juta kerugiannya," terangnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Balikpapan Kompol Ropiyani mengungkapkan, truk tersebut awalnya sedang melakukan pengisian barang. Muatan tersebut rencananya akan dibawa menuju Pulau Jawa.

"Jadi truk kondisinya memang sedang parkir. Ketika muatannya sudah ditaruh di truk, penahan rem nya tidak berfungsi," bebernya.

"Kemudian lakukan gigi 3 dan dia (sopir) ganjal ban belakang. Ternyata tiba-tiba dia (sopir) merasa ban belakang ganjalannya tidak ada, sehingga longsor langsung menabrak Gedung Kesenian," sambungnya.

Ropiyani menyatakan, insiden truk tabrak Gedung Kesenian Balikpapan ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Untuk menguak penyebab kecelakaan, polisi berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan akan menyelidiki kelayakan truk itu. Pasalnya, KIR dan STNK truk sudah mati.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul VIRAL Truk Terjang Lokasi Resepsi Pernikahan di Balikpapan, Sesi Foto Buyar dan Mempelai Wanita Syok

https://regional.kompas.com/read/2023/07/24/120000378/kesaksian-sopir-truknya-tabrak-gedung-kesenian-balikpapan-4-rekannya-loncat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke