Salin Artikel

Khawatir Ada Bom Laut di Perairan Cilacap, Ini Kata Danlanal

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut Bambang Beno mengatakan, operasi ini memastikan bahwa di perairan tersebut ada bangkai kapal perang.

"Ini memperkuat bahwa itu (adalah) kapal perang, namun spesifikasi dan nama belum didapat," kata Bambang usai penyelaman, Jumat.

Selanjutnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pelindo, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan dan pihak-pihak terkait untuk keamanan pelayaran.

Pasalnya, lokasi yang berada di antara Pulau Jawa dan Nusakambangan itu merupakan alur menuju Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. Di sekitar lokasi juga terdapat banyak dermaga milik beberapa perusahaan.

"Nanti akan didiskusikan. Kami hanya memberikan fakta otentik bahwa di dasar alur ada kapal yang memuat amunisi," ujar Bambang.

"Bisa juga (masih ada), masih sangat mungkin,tapi kami tidak tahu. Mungkin tertutup lumpur yang mengeras seperti amunisi lainnya," kata Bambang.

Diberitakan sebelumnya ditemukan ribuan amunisi di perairan Cilacap. Penyelaman dilakukan untuk menindaklanjuti temuan ribuan amunisi oleh nelayan.

Penyelaman dilakukan untuk memastikan kondisi di bawah air, karena dikhawatirkan masih ada senjata yang lebih besar seperti meriam dan bom laut.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/21/193223978/khawatir-ada-bom-laut-di-perairan-cilacap-ini-kata-danlanal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke