Salin Artikel

Pasukan Katak Temukan Gudang Senjata dan Amunisi di Bangkai Kapal Perang Era PD II

CILACAP, KOMPAS.com - Tim Komando Pasukan Katak (Kopaksa) menemukan gudang senjata dan amunisi di kapal era Perang Dunia (PD) II yang tenggelam di perairan Cilacap, Jawa Tengah.

Di dalam dan area sekitar gudang tersebut ditemukan berbagai macam jenis peluru dengan kondisi berserakan.

Komandan tim penyelam Letkol Yudo Ponco mengatakan, pada hari kedua penyelaman ini tim menemukan sebaran amunisi yang lebih banyak di salah satu titik.

"Kami menemukan chamber dan pastikan itu tempat penyimpanan senjata dan amunisi," kata Yudo usai menyelam, Jumat (21/7/2023) siang.

Namun, menurut Yudo, kondisi gudang yang memiliki tinggi sekitar 3 meter itu sudah tidak utuh. Tim juga tidak dapat menjangkau ke seluruh bagian terdalam gudang karena sangat gelap.

"Dari situ kami mengumpulkan amunisi. Amunisi yang rusak ditemukan di luar chamber, yang di dalam masih utuh," ujar Ponco.

Ponco memperkirakan, gudang senjata itu berukuran besar. Pasalnya kapal perang dipastikan membawa amunisi dan senjata dalam jumlah yang banyak.

Diberitakan sebelumnya, ribuan amunisi yang ditemukan di perairan Cilacap, Jawa Tengah, dipastikan merupakan buatan Amerika era Perang Dunia (PD) II.

"Amunisi ini buatan Pennsylvania tahun 1933," ungkap historical diver yang tergabung dalam tim penyelam Komando Pasukan Katak (Kopaska), Ady Setyawan usai penyelamam, Jumat (21/7/2023) siang.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/21/171437078/pasukan-katak-temukan-gudang-senjata-dan-amunisi-di-bangkai-kapal-perang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke