Salin Artikel

Momen Jokowi Kunjungan ke Bengkulu, Resmikan Tol Bengkulu-Taba Penanjung dan Janji Kirim Kendaraan Listrik

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo datang kunjungan kerja ke Provinsi Bengkulu dengan sejumlah agenda.

Salah satunya menghadiri rangkaian Festival Tabut 2023 di Lapangan Merdeka Bengkulu, Rabu (19/7/2023) malam.

Jokowi hadir didampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan disambut antusias warga yang ingin menyapa dan meminta berfoto bersama orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Berikut ini beberapa agenda Jokowi selama di Bengkulu:

Jokowi puji alat musik tradisional Bengkulu

Kedatangan Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta pejabat lainnya disambut riuh pengunjung.

Presiden RI tersebut datang mengenakan setelan kasual, perpaduan kaos lengan panjang berwarna coklat kekuningan dan celana jeans hitam plus sepatu kets.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyaksikan penabuhan musik khas Bengkulu, dhol, yang ditampilkan para pelajar SD di Bengkulu.

Jokowi memuji alat musik tradisional Bengkulu yakni Dhol yang dimainkan dengan energik, dan melibatkan semua kalangan.

Dia juga berpesan bahwa acara tabut sangat baik dan terus dikembangkan dengan melibatkan pelaku usaha.

"Event ini akan terus dikembangan, dengan melibatkan para pelaku usaha yang ada di Bengkulu," sebut Jokowi.

Resmikan Tol Bengkulu-Taba Penanjung

Presiden Jokowi meresmikan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Kamis (20/7/2023).

Peresmian jalan tol pertama di Bumi Rafflesia ini ditandai dengan pemukulan alat musik Bengkulu "Raja Dhol" dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi saat itu didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono,

Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan Jalan Tol Bengkulu–Taba Penanjung ini akan menunjang mobilitas logistik, mobilitas orang, dan akan memunculkan titik–titik pertumbuhan ekonomi baru.

"Alhamdulillah, pada pagi hari ini Jalan Tol Ruas Bengkulu–Taba Penanjung akan beroperasi dengan total panjang yang telah selesai adalah 16,7 km menghabiskan anggaran Rp 4,8 triliun, ini merupakan bagian dari ruas Bengkulu ke Lubuk Linggau," kata Jokowi.

Kunjungi laboratorium pengembangan "software"

Jokowi juga mengunjungi SMKN 1 Kota Bengkulu, Kamis.

Dari pengamatan Kompas.com, Sebanyak 1.500 siswa telah bersiap menyambut Jokowi dengan membawa bendera merah putih ukuran kecil, pukul 14.30 WIB, Kamis.

Menurut salah satu guru SMKN 1 Kota Bengkulu, Sihamli, Jokowi akan melihat langsung laboratorium yang merupakan hasil kerja sama Samsung dan SMKN 1 Kota Bengkulu.

"Kami sudah tiga tahun bekerja sama dengan Samsung mereka mengajarkan para siswa membuat software dan mengembangkannya. Selain itu para siswa mampu perbaiki ponsel-ponsel yang mengalami masalah," kata Sihamli.

Selanjutnya, Presiden juga akan mengunjungi laboratorium Desain Komunikasi Visual (DKV), Laboratorium perangkat lunak serta Alfamart sekolah.

Sihamil menjelaskan, selama kunjungan Presiden Jokowi, para siswa diminta tetap belajar di sekolah seperti biasanya. Siswa juga diminta tidak gaduh dan riuh saat presiden tiba di sekolah.

Janji kirim kendaraan listrik ke SMKN 2 Bengkulu Tengah

Setelah itu, Jokowi juga berjanji akan mengirim motor dan mobil listrik terbaru ke SMK Negeri 2 Kabupaten Bengkulu Tengah, untuk dipelajari para siswa.

Hal itu dikemukakan Jokowi saat berkunjung ke SMK yang berada di Desa Sri Katon, Kecamatan Pondok Kelapa, Kamis (20/7/2023).

"Nanti mungkin di sini bisa saja untuk membuat mobil dan sepeda motor, karena memang SMK kita arahkan agar skill-nya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri. Maupun nanti untuk wirausaha juga akan lebih baik," jelas Presiden Jokowi dalam rilis yang dikirim ke Kompas.com, Kamis (20/7/2023).

"Tadi saya juga telah janji dengan pihak sekolah, akan saya kirim kendaraan motor terbaru, mobil terbaru, dan kendaraan listrik agar para siswa bisa mempelajari kondisi mesin kendaraan sesuai dengan produk yang terbaru di lapangan," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengapresiasi semangat para siswa SMKN 2 Bengkulu Tengah dalam menempuh pendidikan sekaligus mengasah kemampuan otomotif.

Ke depan, harapan Presiden Jokowi agar pendidikan sekolah di daerah dapat merata dan berstandar nasional.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Bengkulu, Firmansyah | Editor Michael Hangga Wismabrata, Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2023/07/21/091127478/momen-jokowi-kunjungan-ke-bengkulu-resmikan-tol-bengkulu-taba-penanjung-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke