Salin Artikel

Pipa Gas Bocor di Prabumulih Meledak, 2 Anak Luka Parah

Kebocoran yang menimbulkan ledakan itu diduga terjadi akibat proyek penggalian drainase. 

"Jadi pipa jaringan gas kota itu bocor karena ada proyek galian drainase di depan sekolah dasar. Namun, kita belum tahu apakah itu proyek Pemkot Prabumulih atau proyek yang menggunakan dana desa," kata Direktur Perusahaan Daerah (PD) Petro Prabu, Azhari H Harun, saat diwawancarai, Minggu (16/7/2023). 

Azhari mengatakan, kontraktor pelaksana proyek melakukan galian drainase menggunakan alat berat excavator dan mengenai pipa jaringan gas kota lalu menyebabkan kebocoran.

"Parahnya, mereka bukannya memberitahu kami atau AWS selaku perusahaan pengelola tapi kebocoran itu malah mereka timbun pakai tanah, mungkin takut untuk melapor," bebernya.

Setelah itu, gas yang ditimbun tanah tetap keluar dan saat ada api langsung menyambar dan menyebabkan terjadinya kebakaran.

"Mestinya mereka melapor ke kami sebelum melakukan galian sehingga kami bisa sampaikan di mana jalur pipa, ini jangankan mau melapor sebelum bekerja tapi sudah bocor pun mereka tak melapor, terjadilah kebakaran itu," lanjutnya.

Azhari mengimbau kepada para kontraktor yang mendapat pekerjaan galian baik drainase khususnya di pinggir jalan agar memberitahu atau berkoordinasi sehingga tidak merusak jalur jaringan gas kota.

"Karena ini sudah kejadian ke sekian kalinya, dulu pernah terjadi di jalan Padat Karya, alhamdulilah pengerjaan lanjutan di padat karya saat ini sudah koordinasi dengan kota sehingga kita bisa tunjukkan jalur pipa gas kota kota antisipasi kena galian dan bocor," bebernya.

Sebagai informasi, dua anak yang berusia 9 tahun mengalami luka bakar akibat ledakan pipa gas bocor di Prabumulih, Sabtu (15/7/2023). 

Saat ini kedua korban sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul Penyebab Pipa Gas Bocor di Prabumulih, 2 Anak Luka Serius, Ternyata Ulah Kontraktor Proyek Drainase.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/16/192140978/pipa-gas-bocor-di-prabumulih-meledak-2-anak-luka-parah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke