Salin Artikel

Cerita Serka Aan Sadono, Anggota Lanud Adi Soemarmo Bongkar Kasus Pencurian Jaringan Kabel Telepon

SOLO, KOMPAS.com - Serka Aan Sadono, anggota Satpom Lanud Adi Soemarmo menerima penghargaan dari Pusat Polisi Militer TNI AU karena berhasil mengungkap kasus dugaan pencurian kabel jaringan telepon.

Aan tidak sendirian dalam mengungkap kasus ini. Aan dibantu dua anggota lainnya yakni Sertu Dedi Arifianto dan Serda Suyatman Usman.

Serka Aan menceritakan, bermula pada Kamis (15/6/2023) Lanud Adi Soemarmo kehilangan kabel jaringan telepon dengan panjang 1.000 meter.

Kabel yang dicuri ini berada di jalur depan Air Force Mart sampai RSAU dr Siswanto tepatnya di sebelah utara Skadik 404 Lanud Adi Soemarmo.

Dengan kejadian itu, kata Aan, dirinya bersama dua anggota melakukan penyelidikan guna mencari pelaku pencurian kebel telepon.

"Kemudian kami ke lokasi yang dilaporkan. Kami berkomunikasi dengan penjual yang ada di ruko-ruko. Kami minta keterangan mereka. Mereka mengetahui pelaku-pelaku tersebut akan tetapi tidak berani karena alasan mereka (pelaku) untuk perbaikan," kata Aan, seusai menerima penghargaan bersama dua anggota lainnya di Gedung Grha Dirgantara Skadron Pendidikan (Skadik) 404 Lanud Adi Soemarmo, Kamis (13/7/2023).

Kemudian pada Jumat (16/6/2023), kata dia, ada warga sipil yang melapor ke Serda Suyatman yang sedang bertugas di jaga pos utara Satpom Lanud Adi Soemarmo bahwa yang diduga pelaku berada di depan warung kopi.

"Kami langsung menuju ke TKP. Kebetulan di TKP ada pelakunya empat orang," kata dia.

Keempat pelaku tersebut akhirnya diamankan ke Kantor Satpomau Lanud Ari Soemarmo beserta sarana kejahatan mobil Grand Max H 8865 GK. Para pelaku kemudian diserahkan ke Satreskrim Polres Boyolali pada Sabtu (17/6/2023).

Para pelaku tersebut antara lain, Z (38) warga Jambi, AF (22) warga Salatiga, FR (24) warga Semarang dan TS (45) warga Semarang.


Berdasarkan informasi, seorang warga Semarang berhasil diamankan Satreskrim Polres Boyolali diduga sebagai pengepul kabel hasil curian dari keempat pelaku.

Komandan Puspomau Marsekal Pertama TNI Danang Sulistiyanto mengatakan, pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pimpinan terhadap anggota Satpomau Lanud Adi Soemarmo karena berhasil menangkap pelaku pencurian kabel jaringan telepon.

"Karena memang berprestasi kita kasih penghargaan. Sehingga merasa dihargai pekerjaan dia. Sehingga meningkatkan motivasi yang lainnya untuk berbuat baik kepada kesatuan," kata dia.

Pihaknya berharap, pemberian penghargaan ini bisa memovitasi anggota lainnya.

Penghargaan ini juga bisa berpengaruh kepada tugas berikutnya untuk pendidikan sekolah atau lainnya.

"Sehingga (dengan penghargaan) bisa dipertimbangkan bisa lebih cepat untuk sekolah dibandingkan yang lainnya," ungkap Danang.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/13/170513278/cerita-serka-aan-sadono-anggota-lanud-adi-soemarmo-bongkar-kasus-pencurian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke