Salin Artikel

Pj Gubernur Banten: Ada Anak Pejabat dan Pengusaha Daftar PPDB Afirmasi Pakai SKTM

SERANG, KOMPAS.com - Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengungkap, adanya anak pejabat dan pengusaha mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1 Koya Serang melalui jalur afirmasi.

Hal itu terungkap setelah pihak sekolah melakukan verifikasi faktual dengan mendatangi rumah pendaftar.

Diketahui, dua orang pendaftar merupakan anak pejabat dan pengusaha dengan menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Mengetahui adanya manipulasi syarat pendaftaran, pihak sekolah kemudian mencoretnya karena tidak masuk kriteria yang harus diprioritaskan di jalur afirmasi.

"Sudah dicoret,  engga bisa. Karena slotnya memang untuk afirmasi tadi kriterianya (kurang mampu)," kata Al Muktabar di SMAN 1 Kota Serang. Rabu (12/7/2023).

Dikatakan Al Muktabar, jalur afirmasi diprioritaskan untuk masyarakat tidak mampu untuk mendapatkan kesempatan bersekolah di SMA atau SMK Negeri.

Mantan Sekda Banten itu mengungkapkan, daya tampung PPDB pada jalur afirmasi masih belum terpenuhi.

Untuk itu, ia mengintruksikan kepada seluruh kepala sekolah untuk memenuhi kuota denvan mencari siswa dari kalangan tidak mampu agar beban biaya pendidikannya ditanggung pemerintah.

"Pada dasarnya, afirmasi itu untuk memberikan hak kepada saudara kita yang kurang mampu, kita akan cari. Yang tidak mampu silahkan sampaikan nanti kita akan datangi dan membuat berita acara," ujar Al Muktabar.

Kepala SMAN 1 Kota Serang, M Najih mengatakan, ditemukan ada pendaftar di jalur afirmasi dari kalangan pejabat dan pengusaha.

Dua pendaftar itu menggunakan SKTM asli. Namun saat diverifikasi ke lapangan, ternyata keduanya dari kalangan keluarga mampu.

“Satu punya toko yang besar di Pasar Lama. Satu lagi anaknya calon anggota dewan (pejabat), rumahnya tingkat pula,” kata Najih. 

Hasil verifikasi tersebut diputuskan kedua pendaftar itu tidak diterima atau ditolak.

Dikatakan Najih, kuota di jalur afirmasi masih ada 59 kursi belum terisi.

"Jalur afirmasi sejak dibuka hanya 18 orang yang mendaftar. Namun, hanya enam yang lulus verifikasi," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/12/170558178/pj-gubernur-banten-ada-anak-pejabat-dan-pengusaha-daftar-ppdb-afirmasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke