Salin Artikel

Ditinggal Ibunya ke Warung, 2 Bayi di Kolaka Utara Tewas Terbakar Dalam Rumahnya

Tak hanya itu, ibu kedua balita bernama Santeriani (21) mengalami luka bakar pada bagian tangan dan jidatnya.

Kepala seksi (Kasi) Humas Polres Kolaka Utara, Iptu Arif Afandi membenarkan kebakaran yang menelan korban jiwa dan harta benda tersebut.

Menurut dia, kebakaran satu unit rumah di daerah pengunungan milik seorang petani bernama Slamat Ridwan alias Salama (26) terjadi di Dusun VI Desa Watumohata, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara.

Kebakaran itu terjadi berawal saat istrinya, Santeriani sedang memasak di dapur dengan menggunakan tungku.

Kemudian, ibunya turun ke warung tetangganya yang berjarak kurang lebih 300 meter dan meninggalkan kedua anaknya bernama Al Jumadin (3), dan Hafisah (1) yang sementara tertidur di ayunan.

"Selang beberapa waktu, Santeriani kembali ke rumahnya dan melihat rumahnya sebagian sudah habis terbakar api. Kemudian dia berteriak serta meminta pertolongan kepada tetangganya," ungkap Arif dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/7/2023).

Namun sayang, api telah menghanguskan rumahnya dan menyebabkan kedua anaknya hangus terbakar dan tewas di lokasi kejadian.

Iptu Arif menjelaskan, sumber utama kebakaran tersebut berasal dari api di dapur rumahnya, sebab korban sementara memasak dengan menggunakan tungku, dan ibu korban lupa mematikan atau memadamkan tungku tersebut.

"Mayat dari kedua anak korban yang meninggal dunia, oleh warga dibawa turun ke rumah keluarga korban di Kelurahan Lapai, Kolaka Utara. Selanjutnya akan diberangkatkan dengan menggunakan mobil dan akan dikebumikan di Desa Sadar, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan," terangnya.

Tak hanya korban jiwa, lanjut Arif, kebakaran rumah milik petani itu juga menyebabkan kerugian materi senilai Rp 91,7 juta.

Yang hangus terbakar yakni uang tunai sebesar Rp 8 juta, emas 15 Gram, coklat kering 700 Kg, kemiri 170 Kg, dan Handphone 2 buah serta 2 buah mesin pembabat.

Pihaknya juga telah meminta keterangan dua orang saksi, yakni Wawan (48) dan Icci (41).

https://regional.kompas.com/read/2023/07/12/141225278/ditinggal-ibunya-ke-warung-2-bayi-di-kolaka-utara-tewas-terbakar-dalam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke