Salin Artikel

Kompolnas Desak Propam Periksa Kapolres Pandeglang soal Kematian Tahanan TPPO

KOMPAS.com - Kasus tewasnya BC, tersangka tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di tahanan Kepolisian Resor (Polres) Pandeglang, Banten, mendapat sorotan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Menurut Komisioner Kompolnas Poengky Indarty, polisi harus bertanggung jawab dengan keselamatan tersangka yang ada di tahanan.

Pihaknya pun mendesak Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Banten untuk memeriksa kapolres dan jajarannya.

"Karena dengan menahan seorang tersangka maka Polri harus bertanggung jawab atas keselamatan orang yang ditahannya," ujarnya dalam keterangannya dikutip dari TribunBanten.com, Senin (10/7/2023).

Menurut Poengky, jika ada kelalaian yang menyebabkan seseorang meninggal dunia, maka harus ada proses hukum pada anggota terkait.

"Dengan adanya tindakan hukum yang tegas, maka diharapkan ada efek jera bagi anggota dan sesama tahanan," jelas Poengky.

Berpijak dalam kasus itu, Poengky berharap pengawasan ruang tahanan bisa diperketat lagi.

"Kami juga berharap patroli pengawasan ruang tahanan dilakukan satu jam sekali, dilapisi dengan penggunaan CCTV yang dapat diawasi 24 jam, serta memperbanyak pemasangan lampu lampu penerangan di lorong lorong dan sel tahanan," tutur Poengky.

Kronologi

Seperti diberitakan sebelumnya, BC sebelumnya diamankan pihak kepolisian bersama satu tersangka lainnya karena diduga memaksa dua siswi SMP jadi PSK.

Lalu, BC ditemukan tewas di tahanan pada hari Selasa (4/7/2023). Pihak keluarga pun menemukan ada ketidakwajaran pada jasad BC.

Namun, saat itu pihak keluarga mendapat kabar bahwa BC bunuh diri.


"Kami datang ke sana itu jam 11, tapi paginya itu enggak dikasih tahu kalau udah meninggal," ujarnya, dikutip dari TribunBanten.com.

Karena ragu, pihak keluarga korban pun meminta rekaman CCTV di tempat korban ditahan. Namun permintaan keluarga tidak dikabulkan oleh polisi.

"Yang saya tanyakan itu penyebabnya apa, janggalnya di situ"

"Kalau betul gantung diri ada lah fotonya segala macem, bilangnya ada CCTV disitu diawasi, kalau bener mah mana CCTV-nya," ujarnya.

Selain itu, Agus menceritakan, korban sebelum meninggal mengaku sering dirundung oleh tahanan lain akibat kasus yang menjeratnya.

Hingga kini, pihak Polres Pandeglang masih belum mengeluarkan klarifikasi mengenai tewasnya tahanan di dalam sel.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Tanggapan Kompolnas soal Tersangka TPPO yang Tewas di Ruang Tahanan Polres Pandeglang

https://regional.kompas.com/read/2023/07/10/111126178/kompolnas-desak-propam-periksa-kapolres-pandeglang-soal-kematian-tahanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke