Salin Artikel

Kulit Pria Asal Bombana Bersisik Usai Minum Obat Pemutih Kulit, Kini Dirawat di ICU Rumah Sakit

Bahkan ia sempat dirawat di ruang ICU sebelum dipindahkan ke ruang isolasi.

Kondisi tersebut berawal saat pasien minum obat pemutih kulit yang didga mengandung kolagen pemutih.

“Pasien mengaku bahwasanya dia habis minum obat pemutih atau kandungan pemutih atau collagen,” jelas Humas Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD RS Konawe, dr Abdianto, Rabu (05/07/2023) malam.

Tiga hari setelah minum obat tersebut muncul bintik-bintik di tubuh pasien. Selain itu yang bersangkutan juga mengeluh gatal.

“Nah setelah dia minum (obat pemutih), tiga hari kemudian dia muncul bintik-bintik,” ujar dr Abdianto.

Bintik-bintik tersebut kemudian berubah menjadi sisik disekujur tubuhnya.

“Bintik-bintik diseluruh tubuhnya terus berubah menjadi sisik selama tiga minggu,” katanya.

Dalam tiga pekan mengalami kelainan tersebut, sang pria hanya dirawat di rumahnya. Hingga akhirnya pasien dibawa ke rumah sakit.

“Jadi pasien tiga minggu dirawat di rumahnya berdasarkan penjelasan keluarganya. Setelah itu dibawa ke sini (RSUD Konawe),” jelasnya.

Saat datang ke rumah sakit, keluhan awal adalah muncul skuama atau bersisik di sekujur tubuhnya. Diduga ia mengalami infeksi sekunder di seluruh tubuh.

“Hari Senin jam 15.38 wita, datang pasien laki-laki 19 tahun dengan keluhan muncul skuama atau bersisik di sekujur tubuhnya dengan infeksi sekunder diseluruh tubuh,” kata dia.

Setelah ditelusuri, pemuda itu tak hanya konsumsi obat mengandung kolagen pemutih. Ia tenyata juga konsumsi antibiotik atau obat yang mengandung steroid.

“Setelah ditelusuri bukan hanya kollagen saja yang dia minum, ternyata ada antibiotik atau obat-obat yang mengandung steorid,” jelasnya.

Steroid adalah obat yang memiliki senyawa dengan aktivitas anti peradangan dan bisa menekan sistem imunitas tubuh.

Artikel ini telah tayang di TribunnewsSultra.com dengan judul Kisah Pria Bersisik Viral Berawal Bintik Kulit Lalu Muncul Sisik, Warga Bombana Dirawat di RS Konawe

https://regional.kompas.com/read/2023/07/08/080100178/kulit-pria-asal-bombana-bersisik-usai-minum-obat-pemutih-kulit-kini-dirawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke