Salin Artikel

Buka Papua Street Carnival, Presiden: Ini Awal Munculnya Industri Kreatif di Tanah Papua

JAYAPURA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo membuka Papua Street Carnival yang berlangsung di depan Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Jumat (7/7/2023).

Dalam kegiatan tersebut, ditampilkan pagelaran busana dengan diiringi musik dari artis lokal Papua. Selain itu juga terdapaat pameran produk kreatif yang dibina di Papua Youth Creative Hub (PYCH).

Melihat kegiatan tersebut, Presiden meyakini sektor industri kreatif di Tanah Papua yang saat ini sudah terbagi menjadi enam provinsi, akan berkembang dan mampu menjadi pendorong ekonomi.

"Papua Street Carnival ini baru pertama kali diadakan, yang saya lihat industri kreatif di Tanah Papua ini memiliki material potensi kekuatan yang besar, hanya perlu direncanakan jauh-jauh sebelumnya, diorganisasi dengan baik, dikemas dengan baik, di-branding dengan baik, sehingga memunculkan sebuah produk yang tadi kita lihat," ujarnya.

"Saya kira ini adalah awal munculnya banyak industri kreatif di Tanah Papua dan kita harapkan ini terus berlanjut," sambung Presiden.

Keberlanjutan Papua Street Carnival, yang pada pelaksanaan pertamanya dilaksanakan oleh pemerintah pusat, diharapkan bisa segera diambil alih oleh pemerintah daerah.

Presiden menilai pelaksanaan karnaval akan jauh lebih menarik bila diselenggarakan pada malam hari.

"Ini kita mengawali, mestinya pemerintah provinsi dan kabupaten atau kota cepat mengambil alih ini karena potensinya besar. Nanti saya akan ambil satu atau dua grup untuk kita tampilkan di istana," kata dia.

Presiden Joko Widodo sejak Rabu (5/7/2023) malam melakukan kunjungaan kerja di Jayapura, Papua.

Pada Kamis (6/7/2023), Presiden terbang ke Kabupaten Asmat, Papua Selatan, untuk meresmikan Terminal Bandara Ewer. Kemudian sore harinya, Presiden memanen jagung di Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/07/122557978/buka-papua-street-carnival-presiden-ini-awal-munculnya-industri-kreatif-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke