Salin Artikel

Kisah Petugas Damkar Lepas Kail Pancing dari Mulut Kucing, bak Dokter Bedah dan Deg-degan

Kasi Damkar, Satpol PP, dan Damkar Kabupaten Semarang Danang W. Santoso mengatakan, warga bernama Sultan, warga Sumber RT 002 RW 007, Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, datang ke kantor Damkar sekitar pukul 19.50 WIB.

"Dia membawa kucing yang kesakitan karena ada kail atau mata pancing di mulutnya. Ukurannya lumayan, ada benang juga di kail tersebut," katanya saat dihubungi, Jumat (7/7/2023).

Danang mengaku anggotanya sempat gugup saat akan berupaya mengambil pancing di mulut kucing berwarna putih dan abu-abu tersebut.

"Karena memang ini kejadian pertama. Namun, kami tak mungkin menolak tugas, apalagi ada masyarakat yang meminta tolong," lanjutnya.

Menurut Danang, upaya pelepasan kail itu membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

"Selanjutnya anggota dengan menggunakan senter untuk penerangan, dan tang untuk melepas melakukan tindakan. Badan kucing juga diselimuti kain agar tidak mencakar tangan anggota Damkar yang memegangi," kata Danang.

Setelah kail tersebut lepas dari mulutnya, kucing tersebut lebih tenang dan tak lagi banyak gerak.

"Kalau untuk kejadian awal atau kronologi hingga kucing terkena kail, kami memang kurang tahu. Terpenting adalah bisa menyelamatkan," ujar Danang.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/07/085620178/kisah-petugas-damkar-lepas-kail-pancing-dari-mulut-kucing-bak-dokter-bedah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke