Salin Artikel

"Food Estate" Keerom Panen Jagung, Jokowi: Baru Pertama Kali, Hasilnya Sudah Sangat Tinggi

Ini merupakan kunjungan kedua Jokowi ke Kabupaten Keerom, setelah sebelumnya pada Maret 2023 mengunjungi negeri tapal batas tersebut.

Kunjungan kali ini dilakukan Jokowi, sekaligus ikut memanen raya jagung yang ditanam bersama petani pada saat kedatangannya Maret lalu.

“Hari ini kita panen jagung bersama petani, setelah kita menanam tiga bulan yang lalu. Tepatnya 107 hari yang lalu kita tanam dan hasilnya ini,” ungkapnya kepada wartawan di lokasi Food Estate, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis sore.

Jokowi mengatakan, jagung yang dipanen kali ini berukuran besar, tapi ada juga yang lambat tumbuh, karena terlalu banyak air.

Menurut Kepala Negara, terkait hasil yang buruk tersebut, telah dievaluasi oleh Menteri Pertanian dan Pemerintah Kabupaten Keerom.

Solusinya adalah parit harus memperkecil jaraknya dari 12 meter menjadi 5 atau 6 meter.

Ia juga mengapresiasi para petani dan menyebutkan hasil panen kali ini sangat tinggi dan melebihi standar nasional. 

“Memang ini baru pertama kali, jadi jangan langsung disinggung hasilnya sangat tinggi, tapi inipun hasilnya sudah sangat tinggi. Kira-kira 7 ton per hektarnya,” kata Jokowi.

“Karena standar nasionalnya 5,6 per hektar. Saya melihat tanahnya subur sekali, tinggal airnya yang akan diperbaiki lagi,” pungkasnya.

Food Estate adalah program yang digagas pemerintahan Jokowi sejak 2021. Tujuannya, untuk mencegah ancaman krisis pangan.

Proyek ini dijalankan di sejumlah daerah, termasuk di Keerom.

Food Estate sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan pangan di dalam negeri, mengingat masih ada komoditas pangan yang sangat bergantung dengan impor, seperti kedelai, jagung, bawang putih, hingga gula.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/06/221859778/food-estate-keerom-panen-jagung-jokowi-baru-pertama-kali-hasilnya-sudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke