Salin Artikel

Dua Kali Kecelakaan Elf dan Truk di Tol Solo-Ngawi, Polisi Minta Pengendara Manfaatkan Rest Area

SOLO, KOMPAS.com - Selama dua pekan, kecelakaan antara kendaraan elf dan truk terjadi di Jalan Tol Solo-Ngawi, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Pertama, kecelakaan di Jalan Tol Ngawi-Solo Km 518 B, di Desa Karangmalang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, pada 27 Juni 2023.

Kedua, kecelakaan di Jalan Tol Solo-Ngawi KM 536.600, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen, Jateng, pada 6 Juli 2023.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Sragen Iptu Irwan Marviyanto mengatakan, kecelakaan kedua ini lokasinya berdekatan dengan kecelakaan pertama dan prosesnya sama yakni kendaraan elf menabrak bagian belakang truk.

Kejadian itu mengakibatkan sejumlah orang meninggal dunia dan belasan luka-luka.

"Jadi kecelakaan ini, sama seperti yang kemarin (kecelakaan pertama). Menjelang di lokasi kejadian, pengemudi Isuzu Elf diduga kurang konsentrasi kemudian menabrak bagian belakang," kata Irwan Marviyanto, pada Kamis (6/6/2023).

Ia melanjutkan, sesuai hasil olah TKP, diduga pengemudi kurang konsentrasi dan mungkin memaksakan mengemudi dalam keadaan mengantuk.

"Mungkin dipaksakan untuk tetap mengemudi saat kondisi mengantuk," katanya.

Disinggung soal lokasi kecelakaan, apakah kategori lokasi titik lelah, Irwan mengatakan, tidak mengarah ke hal tersebut.

"Sebenarnya di lintasan jalur Tol Solo-Ngawi, sudah disediakan rest area. Tempat kejadian setelah rest area juga. Jadi lokasinya melewati rest area," ujarnya.

"Para pengguna jalur tol khususnya, pada saat mengemudi kondisi sudah mengantuk, lebih baik mengunakan fasilitas yang disediakan pengelola jalan tol yakni rest area. Untuk beristirahat dan dapat memulihkan kondisi badan sebelum melanjutkan perjalanan lagi," paparnya. 

https://regional.kompas.com/read/2023/07/06/151617178/dua-kali-kecelakaan-elf-dan-truk-di-tol-solo-ngawi-polisi-minta-pengendara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke