Salin Artikel

"Overstay", WNA Taiwan yang Dirawat Eks TKI Indonesia Dipulangkan Hari Ini

KARAWANG, KOMPAS.com - Huang Che Ming atau Siau Huang yang dirawat eks pekerja migran Indonesia, Siti Aisah, dipulangkan ke Taiwan hari ini karena telah overstay, Kamis (6/7/2023).

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Karawang Barlian Gunawan, Che Ming telah overstay atau tak memiliki izin tinggal sekitar empat tahun.

Siau Huang datang ke Indonesia pada 6 Juli 2019 dengan kunjungan bebas visa. Namun pria 26 tahun itu tidak pernah memperpanjang izin tinggalnya.

"Pemulangan Huang Che Ming hari ini sekitar pukul 14.40 WIB menggunakan pesawat China Airlines," kata Barlian saat memberikan keterangan di Kantor Imigrasi Karawang, Kamis (6/7/2023).

Barlian menjelaskan, overstay lebih dari 6 bulan seharusnya pihak Imigrasi akan mendeportasi dan masuk daftar cekal.

Namun mengingat kondisi Che Ming, pihak Imigrasi Karawang mengedepankan kemanusiaan dan WNA Taiwan itu dianggap tak membahayakan negara.

Selain itu, ada harapan warga negara asing (WNA) tersebut bisa kembali masuk ke Indonesia.

Sementara terkait pemulangan Che Ming itu berdasar keinginan keluarga di Taiwan. Keinginan keluarga lalu difasilitasi oleh Taipei Economics and Trade Office (TETO).

Pihak Imigrasi Karawang dan perwakilan Kementerian Luar Negeri nanti akan mengantar sampai keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta.


Lalu ada beberapa pimpinan dan perawat Rumah Sakit Budha Tzu Chi untuk pendampingan secara medisnya.

Che Ming juga akan didampingi Siti selama 14 hari di Taiwan. Di sana, mereka akan dijemput delapan orang yang diantaranya dari Kamar Dagang Indonesia (KDI) di Taiwan.

Untuk sementara mereka akan tinggal di yayasan pemerintah setempat.

"Di sana nanti ada perwakilan KDI, sesuai dengan permintaan ibu Siti," ujarnya.

Sementara itu, Siti mengaku berat melepas Che Ming. Keluarga dan anaknya juga sudah anggap Che Ming sebagai bagian dari keluarganya.

"Berat. Saya berharap bertemu kakaknya. Harapannya hak asuh secara resmi jatuh kepada saya," ujar Siti.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/06/123430278/overstay-wna-taiwan-yang-dirawat-eks-tki-indonesia-dipulangkan-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke