Salin Artikel

Ribuan Jamur Mendadak Muncul di Pekarangan, Warga Banyumas Ramai-ramai Memanen, Total Capai 1 Ton

BANYUMAS, KOMPAS.com - Warga Dusun Kaliula, Desa Karangtalun Lor, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dikejutkan dengan kemunculan ribuan jamur di pekarangan.

Meski sempat khawatir mengandung racun, warga akhirnya berbondong-bondong memanen jamur jenis rayap atau Termitomyces yang tumbuh liar di lahan seluas kurang lebih 1 hektar ini, Rabu (5/7/2023).

Kepala Desa Karangtalun Lor Kusriyanto mengatakan, kemunculan jamur ini merupakan fenomena tahunan.

Namun, kali ini jumlahnya jauh lebih banyak dibanding sebelumnya.

"Biasanya tahunan, tapi tidak seperti sekarang, luar biasa banyaknya. Dan dulu tidak dikonsumsi karena takut beracun," ungkap Kusriyanto, saat dihubungi, Rabu.

Kusriyanto mengatakan, jamur ini diketahui warga muncul di pekarangan milik Suwito dan Sarkim sejak Selasa (4/7/2023) sore.

Kemudian ada salah satu warga yang mencoba mengonsumsi.

"Setelah ada yang ambil dan mencoba memasak, ternyata tidak apa-apa, sehingga banyak warga yang memetik, sampai berebut. Sejak pagi tadi ramai," ujar Kusriyanto.

Bahkan saking banyaknya, selain dikonsumsi sendiri, kata Kusriyanto, sebagian warga juga menjual jamur tersebut ke luar desa.

Sementara itu, Kepala Dusun Kaliula Ardi mengatakan, apabila dipanen seluruhnya total berat jamur tersebut diperkirakan lebih dari 1 ton.

"Dulu tidak seramai ini, karena yang sekarang itu lebih dari 1 ton, banyak sekali, dari tetangga desa itu sampai ke sini," kata Ardi.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/05/185300378/ribuan-jamur-mendadak-muncul-di-pekarangan-warga-banyumas-ramai-ramai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke