Salin Artikel

Makan Daging Kurban dengan Gigi Ompong, Nenek di Tasikmalaya Tersedak dan Masuk RS

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Ooy (65) seorang nenek asal Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, tersedak masakan olahan daging kurban sampai mendapatkan perawatan petugas medis di RSUD Soekardjo Tasikmalaya, Senin (3/7/2023). 

Korban sudah tak memiliki gigi alias ompong dan menelan potongan setengah daging rendang tanpa dikunyah terlebih dahulu. 

Akhirnya potongan daging menyangkut di tenggorokan meski telah dibantu minum air beberapa kali. 

Akhirnya, daging yang tersangkut di tenggorokan Ooy bisa dikeluarkan dengan alat khusus dokter Tenggorokan Hidung Telinga (THT) di RS tersebut. 

"Udah orang tua, kelenturan elastisitas organ-organnya berkurang dan tersedak. Diambil pakai alat khusus dan tak usah dioperasi dan dibedah. Memang kalau sudah (makanan tersangkut) di bawah kerongkongan dibedah. Sekarang sudah membaik dan masih dirawat di RS," jelas Wakil Direktur Pelayanan RSUD Soekardjo Tasikmalaya, Titie Purwaningsari kepada Kompas.com di kantornya, Selasa (4/7/2023). 

Beruntung daging itu masih berada di saluran pencernaan dan tidak masuk ke rongga pernapasan. 

"Potongan daging setengahnya tak dikunyah. Tersedak, nggak bisa ke bawah dan ke atas. (Daging) tidak masuk ke rongga napas, tapi di saluran makan. Kalau di rongga napas, itu bahaya, hitungan detik atau menit sudah nggak bisa napas," tambah Titie. 

Titie mengaku, baru pertama kali mendapat pasien tersedak makanan di momen Idul Adha. Biasanya, kebanyakan pasien datang karena kolesterol naik setelah makan banyak daging.

"Iya, ini baru pertama kali. Kebanyakan pasien kolestrol naik akibat kekenyangan. Nenek itu dirawat untuk istirahat saja tanpa butuh penanganan apapun lagi. Alhamdulillah kondisinya sudah normal dan sehat," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/04/140338078/makan-daging-kurban-dengan-gigi-ompong-nenek-di-tasikmalaya-tersedak-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke