Salin Artikel

8 Tempat Wisata Ramah Anak di Purwokerto, Bisa untuk Mengisi Waktu Liburan Keluarga

KOMPAS.com - Purwokerto dikenal menjadi salah satu kota yang kerap dikunjungi sebagai tujuan wisata.

Terlebih jika Anda dan keluarga tengah menghabiskan momen libur panjang dan akhir pekan, maka ini menjadi waktu yang tepat untuk mengajak anak-anak berwisata.

Tempat wisata ramah anak di Purwokerto ada yang berlokasi di tengah kota yang mudah dijangkau, hingga di pinggiran kota dengan suasana yang cukup sejuk.

Dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber, berikut beberapa tempat wisata di Purwokerto yang cocok untuk dikunjungi karena dikenal ramah anak.

1. Alun-alun Purwokerto

Terletak di pusat kota, Alun-alun Purwokerto dapat menjadi pilihan tempat wisata ramah anak di Purwokerto yang paling mudah dijangkau.

Selain bisa berwisata secara gratis, banyak atraksi yang dapat dinikmati dan dilakukan bersama anak-anak di tempat ini.

Lokasi Alun-alun Purwokerto berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

2. Menara Pandang Teratai

Menara Pandang Teratai menjadi ikon baru wisata di Purwokerto dan cukup menarik untuk dikunjungi bersama anak.

Dari puncak bangunan ini, pengunjung bisa melihat pemandangan atau landskap Purwokerto dari ketinggian ke seluruh penjuru mata angin.

Pengunjung juga bisa menguji adrenalin dengan berjalan melintasi lantai kaca dan melihat langsung bagian bawah dari ketinggian 80 meter.

Harga tiket masuk Menara Pandang Teratai mulai dari Rp 15.000 pada hari biasa dan Rp 20.000 pada akhir pekan dan hari libur, dengan jam buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB - 22.00 WIB.

Lokasi Menara Pandang Teratai ada di Jalan Bung Karno atau jalan baru yang menghubungkan Jalan Jenderal Soedirman dan Jalan Gerilya Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

3. Taman Andhang Pangrenan

Taman Andhang Pangrenan adalah tempat wisata di Purwokerto yang cukup lengkap karena memiliki wahana bermain anak anak, kuliner, dan fasilitas penunjang lainnya.

Tak hanya di siang hari, pada malam hari tempat ini juga cukup menarik untuk dikunjungi.

Harga tiket masuk Taman Andhang Pangrenan mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 5.000, dengan jam buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB - 22.00 WIB.

Lokasi Taman Balai Kemambang ada di Jalan Gerilya Purwokerto Selatan, Windusara, Karangklesem, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

4. Taman Balai Kemambang

Taman Balai Kemambang merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini dibangun di lahan seluas 1,2 hektar dengan dikelilingi pohon, taman, dan jogging track.

Di taman ini juga terdapat kolam besar dan taman bermain anak yang terdiri dari ayunan, jungkat-jungkit, dan perosotan.

Harga tiket masuk Taman Balai Kemambang mulai dari Rp 10.000 pada hari biasa dan Rp 15.000 pada akhir pekan, dengan jam buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB - 22.00 WIB.

Lokasi Taman Balai Kemambang ada di Jalan Kobar No.9, Glempang, Desa Bancarkembar, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

5. New Small World

New Small World menjadi salah satu wisata edukasi di Purwokerto yang mengenalkan anak dengan berbagai ikon negara yang ada di penjuru dunia.

Selain itu, di kawasan ini juga memiliki fasilitas taman bunga, kafe, dan area bermain anak bernama D'Ciblon.

Harga tiket masuk New Small World untuk pengunjung berusia tiga tahun ke atas mulai dari Rp 20.000, dengan jam buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB - 17.00 WIB.

Lokasi New Small World ada di Jalan Raya Baturaden Barat, Nomor 271 Desa Ketenger, Purwokerto, Jawa Tengah.

6. The Village Purwokerto

The Village Purwokerto merupakan tempat wisata keluarga dengan suasana klasik ala eropa dengan berbagai wahana permainan

Beberapa wahana yang dapat dinikmati pengunjung, yaitu sepeda gantung, kebun binatang mini, playground, maupun foto dengan kostum.

Untuk menikmati keindahan The Village Purwokerto, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 25.000

Harga tiket The Village Purwokerto adalah sebesar Rp 25.000, dengan jam buka mulai pukul pukul 08.00-17.00 WIB setiap hari Senin hingga Minggu, serta tanggal merah.

Lokasi The Village Purwokerto berada di Jalan Raya Baturaden KM.07 Rempoah Dusun I, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah.

7. Wisata Buken

Wisata Buken menawarkan keindahan alam sekaligus kolam renang dan danau yang airnya berasal dari aliran mata air Gunung Slamet.

Selain wisata air, ada pula wisata edukasi di mana anak-anak dapat mengenal aneka tanaman dan hewan ternak seperti kuda, domba, ular sanca, dan landak.

Harga tiket masuk Wisata Buken mulai dari Rp10.000 per orang, dengan jam buka setiap hari dari jam 07.30 – 16.30 WIB.

Lokasi Wisata Buken yang merupakan singkatan dari Bukit Kendalisada berada di Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.

8. Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus Limpakuwus menjadi salah satu tempat wisata yang diminati di Purwokerto karena bisa dijadikan tempat piknik keluarga.

Beberapa pengunjung bahkan membawa tikar dan bekal untuk dinikmati bersama sambil menikmati pemandangan indah dan udara yang sejuk.

Selain bermain di wahana yang tersedia, pengunjung juga bisa melakukan swafoto dengan latar jajaran pepohonan, atau di lintasan mountain slide yang berwarna-warni.

Hutan Pinus Limpakuwus sudah dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan harga tiket masuk yang terjangkau yaitu mulai dari Rp 17.500 per orang.

Obyek wisata yang tengah viral ini terletak di sebelah timur kawasan wisata Baturraden, tepatnya di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.

Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id, banyumas.tribunnews.com, banyumas.tribunnews.com, travel.kompas.com (Penulis : Desi Intan Sari, Editor : Ni Nyoman Wira Widyanti, Dini Daniswari)

https://regional.kompas.com/read/2023/07/02/171352978/8-tempat-wisata-ramah-anak-di-purwokerto-bisa-untuk-mengisi-waktu-liburan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke