Salin Artikel

Buang Sampah ke Sungai, Perempuan di Kabupaten Semarang Ditangkap Warga dan Diserahkan ke Polisi

Kapolsek Kaliwungu Polres Semarang Iptu Supanjar Edi Waluyo mengatakan kejadian tersebut berlangsung Selasa (27/6/2023) sekira pukul 05.30 WIB.

"Jadi tadi pagi ada pembuangan sampah dari jembatan ke Sungai Mororejo yang ada di Desa Kaliwungu. Saat membuang tersebut, ketahuan warga yang sedang melintas," jelasnya saat dihubungi.

Oleh warga, pembuang sampah bernama S (43) warga Desa Mukiran, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah tersebut lalu ditegur. Sementara warga lain, ada yang melapor ke kantor Mapolsek Kaliwungu.

"Jadi ada warga lain yang berdatangan, karena semakin banyak orang akhirnya melapor ke polisi," kata Supanjar.

"Warga geram dan marah, karena sungai tersebut sebelumnya sudah dibersihkan. Bahkan baru hari Minggu lalu jadi sasaran Program Kali Bersih (Prokasih), kok sekarang masih ada yang membuang sampah plastik dan aneka kotoran ke sungai," katanya. 

Menurut Supanjar, S selanjutnya dibawa ke Mapolsek Kaliwungu.

Selanjutnya permasalahan itu dimediasi dengan disaksikan tokoh masyarakat setempat. S diharuskan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya dan bisa menjaga kebersihan lingkungan.

Supanjar mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Buang sampah pada tempatnya, jaga kebersihan lingkungan, dan pilah sampah agar lingkungan terjaga," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/27/130008978/buang-sampah-ke-sungai-perempuan-di-kabupaten-semarang-ditangkap-warga-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke