Salin Artikel

Basarnas Pastikan Semua Korban Jatuhnya Pesawat SAM Air di Yalimo Meninggal

Hal ini dipastikan setelah empat personel Tim SAR Gabungan berhasil menjangkau lokasi bangkai pesawat di Distrik Welarek, Yalimo, Papua Pegunungan, pada Selasa (27/6/2023) siang.

"Pada jam 12.10 WIT, info dari lapangan bahwa kondisi pesawat PK-SMW hangus terbakar dan semua korban dinyatakan meninggal dunia," ujar Kasubsi Operasi dan Siaga Basarnas Jayapura Marinus Ohoirat melalui keterangan tertulis, Selasa.

Semua korban dipastikan sudah ditemukan dan dimasukkan ke kantong jenazah.

Rencananya, semua korban dibawa menggunakan helikopter Caracal milik TNI AU yang saat ini bersiaga di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

"Saat ini (korban) telah terevakuasi di dalam kantong jenazah, tim kemudian akan dijemput oleh Heli Caracal dari lokasi droping bersama korban dan akan dibawa ke Wamena," kata Marinus.

"Selanjutnya Korban akan diterbangkan ke Bandara Sentani guna dilakukan identifikasi oleh Tim DVI Polda Papua dan diserahkan ke pihak keluarga," ungkapnya.

Sebagai informasi, pesawat SAM Air yang membawa dua orang kru dan empat penumpang itu sempat hilang kontak saat baru terbang selama tujuh menit dalam penerbangan dengan rute Bandara Elelim-Bandara Poik, Distrik Welarek, pada Jumat (23/6/2023) siang.

Tim SAR gabungan yang menggunakan sebuah helikopter dari Wamena kemudian menemukan bangkai pesawat dalam kondisi masih berasap.

Lokasinya hanya 12 kilometer dari Bandara Elel atau tepatnya di Gunung Wara, Distrik Welarek, Yalimo, Papua Pegunungan.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/27/123525778/basarnas-pastikan-semua-korban-jatuhnya-pesawat-sam-air-di-yalimo-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke