Salin Artikel

Masih Ada di Daftar PPD, Keberadaan SDN Jomblang 04 Semarang Ternyata "Ghaib", Tak Ada Siswa yang Daftar

Kompas.com mencoba mencari keberadaan sekolah tersebut. Sesampai di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB, jurnalis ini tidak menemukan keberadaan para siswa. Sekolah tersebut hanya tersisa plang bertuliskan SDN Jomblang 04.

Sementara, di bangunan SDN Jomblang 04 justru bertuliskan SDN Jomblang 03. Kami juga tidak menemukan keberadaan guru dan staf SDN Jomblang 04. Suasana gedung sekolah yang berada di tengah-tengah permukiman warga benar-benar sepi.

Kepala SDN Jomblang 03, Nugroho (49) menjelaskan, SDN Jomblang 04 memang sudah ditutup. Siswa SDN Jomblang 04 dan SDN Jomblang 03 digabung menjadi satu.

"Kita sudah gabung sejak 2019 lalu," jelasnya saat ditemui di ruang kepala sekolah SDN Jomblang 03, Senin (26/6/2023).

Dua sekolah dasar tersebut terpaksa digabung karena minim siswa yang mendaftar. Selain itu, letak SDN Jomblang 04 dan SDN Jomblang 03 juga terlalu berdekatan.

"Sehingga SD Jomblang 04 itu kekurangan siswa. Sehingga saat itu diambil langkah untuk merger," paparnya.

Sebenarnya, dia sudah mengadu ke panitia pusat agar SDN Jomblang 04 dihapus dari daftar Penerimaan Peserta Didik (PPD) Kota Semarang. Namun, permintaan itu belum dilakukan sampai sekarang.

"Kita sudah minta sejak pembukaan PPD pertama tahun kemarin," ujar Nugroho.

Selanjutnya, dia akan segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang agar tidak ada miskomunikasi soal adanya SDN Jomblang 04 di daftar PPD Kota Semarang.

"Kita akan menindaklanjuti ke Dinas Pendidikan Kota Semarang. Kita sudah lapor dan terima surat keputusan (SK) merger SDN Jomblang 04 dan SDN Jomblang 03 marger," imbuh dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/26/153709478/masih-ada-di-daftar-ppd-keberadaan-sdn-jomblang-04-semarang-ternyata-ghaib

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke