Salin Artikel

UPDATE Evakuasi Korban Kecelakaan SAM Air di Yalimo, 4 Personel SAR Turun di Lokasi Bangkai Pesawat

Kapolres Yalimo AKBP Rudolof Yabansabra mengungkapkan, saat ini sudah ada 12 personel SAR gabungan sudah berada di Gunung Wara dan beberapa di antaranya sudah turun ke lokasi bangkai pesawat.

"Tadi tim yang lebih dulu di lokasi, empat sudah turun (ke lokasi pesawat) dan dua tunggu di puncak gunung," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (26/6/2023).

Namun, sambung Rudolof, hingga kini belum diketahui informasi dari empat personel tersebut mengenai apa saja yang mereka temui di lokasi puing pesawat.

Menurut dia, personel SAR gabungan yang berada di puncak gunung akan berusaha membuat landasan helikopter darurat agar proses evakuasi bisa lebih mudah dilakukan.

"Enam orang yang datang tadi membawa tiga censo (gergaji mesin), mereka akan berusaha membuat heliped untuk evakuasi," kata Rudolof.

Mengenai kondisi cuaca, ia menyebutkan, pada siang hingga sore hari, cuaca di Elelim dalam keadaan cerah.

"Cuaca tadi pagi kurang bagus, tapi dari siang sampai sekarang cuaca cerah," katanya.

Sebagai informasi, pesawat SAM Air yang membawa dua orang kru dan empat penumpang, sempat hilang kontak saat baru terbang selama tujuh menit saat melakukan penerbangan dengan rute Bandara Elelim-Bandara Poik, Distrik Welarek, pada Jumat (23/6/2023) siang.

Tim SAR gabungan yang menggunakan sebuah helikopter dari Wamena, kemudian menemukan bangkai pesawat dalam kondisi masih berasap. Lokasinya hanya 12 Km dari Bandara Elel atau tepatnya di Gunung Wara, Distrik Welarek.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/26/151130278/update-evakuasi-korban-kecelakaan-sam-air-di-yalimo-4-personel-sar-turun-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke