Salin Artikel

Saat Pebalap MXGP Ruben Fernandez Keliling Sumbawa Pakai Sepeda Ontel

Dalam parade budaya penyambutan MXGP of Indonesia Samota 2023 tersebut, Fernandez juga menyapa warga yang antusias menyaksikan para pebalap.

"Amazing Sumbawa," kata Ruben.

Sedangkan sejumlah pebalap MXGP lainnya terpantau menaiki cidomo atau kendaraan tradisional yang ditarik dengan kuda.

Parade tersebut melibatkan 100 sepeda onthel dan 30 cidomo. Di barisan paling depan tampak Gubernur NTB Zulkieflimansyah, CEO Infront David Luongo dan sejumlah tokoh lainnya.

Dengan sepeda ontel dan cidomo, para pebalap MXGP berkeliling Sumbawa mulai dari kantor bupati, menuju Jalan Yos Sudarso, Jalan Sudirman, dan berakhir di Istana Dalam Loka.

Pantauan Kompas.com, ribuan warga memadati sepanjang jalan yang dilewati oleh rombongan para pebalap.

Beberapa di antaranya berteriak histeris ketika melihat pebalap jagoan mereka. Ada juga yang menghentikan laju sepeda pebalap MXGP demi bisa berswafoto.

"Senang sekali bertemu pebalap MXGP. Semoga selalu kembali ke Sumbawa dan bisa bertemu kembali tahun depan," kata salah satu warga, Maudara.

Warga lainnya, Liza menyayangkan ketidakhadiran Tim Gasjer dalam MXGP tahun ini di Sumbawa.

"Sayang sekali Tim Gajser sedang cedera jadi tidak datang ke Sumbawa, tapi ada Parado dan Ruben Fernandez jagoan saya," ucapnya.

Ketua Purang Sepeda Loka (komunitas sepeda ontel) Kabupaten Sumbawa, Budi Prasetyo mengapresiasi penggunaan sepeda onthel dalam ajang parade pebalap MXGP.

"Kami senang para pebalap dan kru naik sepeda dengan bahagia keliling kota. Kami bangga sepeda tua masih bermanfaat dalam menjaga warisan budaya," kata Budi.

Kegiatan menyambut kru dan pembalap MXGP yang akan berlaga di Sirkuit Samota, Sumbawa ini diisi dengan Parade Rider, Kesenian khas Sumbawa, penampilan band lokal, hingga atraksi drumband IPDN.

Saat tiba di Istana Dalam Loka, para pebalap langsung berinteraksi dengan masyarakat, berswafoto, dan melakukan sesi pemotretan.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/23/200039578/saat-pebalap-mxgp-ruben-fernandez-keliling-sumbawa-pakai-sepeda-ontel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke