Salin Artikel

Panji Gumilang, Pimpinan Al-Zaytun, Minta Waktu Jawab Pertanyaan Tim Investigasi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pertemuan tertutup tim investigasi dengan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Panji Gumilang berakhir tak sesuai harapan. 

Pasalnya, selama pertemuan Panji Gumilang tak memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan tim.

"Tadinya kami ingin mengklarifikasi apa yang beredar di masyarakat dan di media, tapi nampaknya beliau (Panji) itu minta waktu kepada kami untuk mempersiapkan jawaban yang akan kami pertanyakan, beliau meminta apa yang diklarifikasi kepada beliau," ujar Ketua Tim Investigasi, Badruzzaman M Yunus di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/6/2023) malam.

Badruzzaman menjelaskan, tim akan membuat laporan dari pertemuan tersebut. Namun, tim investigasi tak memberikan tenggat waktu kapan pertemuan kedua dilakukan.

"Tadi itu tidak memberikan jangka waktu. Ada hasilnya beliau datang hari ini tapi minta waktu untuk mempersiapkan jawaban," ucapnya.


Panji Gumilang Minta Daftar Pertanyaan

Sementara itu Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar mengatakan, Panji Gumilang meminta pertanyaan yang ingin dikonfirmasi oleh tim dan meminta waktu untuk menyiapkan jawaban.

"Jadi memang hasilnya hari ini pihak Al Zaytun hanya meminta daftar pertanyaan itu untuk diberikan dan sudah disamapikan oleh tim. Soal waktu harapan kami secepatnya bisa disampaikan kembali karena ini ditunggu oleh publik," tutur Rafani.

Rafani enggan membeberkan pertanyaan apa saja yang dilontarkan oleh tim. Namun, ia menyebut ada lima pertanyaan yang bersangkutan dengan pernyataan kontroversial yang pernah dilontarkan Panji Gumilang. 

"Jumlah pertanyaan yang disampaikan itu ada lima tapi saya tidak bisa menyampaikan isinya tapi itu memang sensitif tapi tidak keluar dari isu yang berkembang dan buat gaduh. Kalau beliau akan kembali lagi kami akan terima tapi kalau hanya mengirim jawaban juga akan diterima. Yang terpenting jawabannya," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/23/192314578/panji-gumilang-pimpinan-al-zaytun-minta-waktu-jawab-pertanyaan-tim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke