Salin Artikel

Alasan Bonek Boleh Tonton Persis Solo Vs Persebaya, Gibran: Dulu Saya ke Sana Disambut Baik

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkap alasan mengizinkan suporter Persebaya Surabaya atau Bonek menonton pertandingan di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Alasannya karena saat laga persahabatan Persebaya vs Persis Solo di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (22/5/2022), suporter Persis Solo disambut dengan baik.

"Dulu waktu kita di Gelora Bung Tomo, saya juga datang disambut dengan baik. Teman-teman Persebaya ramah semua ya, mereka kalau ke sini disambut dengan baik juga, diantar dengan baik juga. Semuanya teman," kata Gibran di Balai Kota Solo, Jumat (23/6/2023).

Oleh karenanya, saat Persebaya Surabaya datang ke Stadion Manahan Solo, Gibran ingin menyambut para Bonek dengan baik pula.

Meksipun demikian, ada pembatasan kuota suporter yang diperbolehkan datang hanya 500 bonek yang berangkat menggunakan 10 bus secara bersama-sama.

"Balas selamat, tapi intinya kami sudah diperlakukan dengan baik, saya waktu ke sana disambut dengan baik. Tapi, mereka ke sini harus disambut dengan baik juga. Ya mohon maaf kuotanya terbatas. Tapi aturannya seperti itu," ujar dia.

"Saya bisa ditegur Ketum PSSI aturannya tanpa flare. Kemarin sudah saya tegaskan di kantornya Pak Kapolresta, 500 orang, tidak 501, tidak 502, tapi 500 pas," ujar Gibran.


Sebelumnya, terkait mekanisme pengamanan suporter Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Solo telah menyiapkan sejumlah mekanis pengamanan dan pengawalan.

Kepala Polresta Solo (Kapolresta) Solo Kombes Iwan Saktiadi menuturkan, personel keamanan akan melibatkan unsur TNI, Polri, dan Satpol PP, sejumlah 820 personel.

Lalu, pengamanan dari penyelenggara pertandingan atau steward sebanyak 350 personel.

Dia mengatakan, Bonek akan masuk melalui Gate 12, yaitu pintu VIP sayap selatan.

Lalu, Bonek akan datang ke Solo Sabtu (24/6/2023) pukul 16.00 WIB.

"Sesuai dengan kesepakatan bahwa suporter-suporter yang di luar 500 orang tersebut, dengan tidak mengurangi rasa hormat kami mohon maaf untuk tidak bisa mengakses Stadion. Karena memang sudah kesepakatan demikian," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/23/135334078/alasan-bonek-boleh-tonton-persis-solo-vs-persebaya-gibran-dulu-saya-ke-sana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke