Salin Artikel

Pemadaman Karhutla di Pekanbaru Terkendala Asap dan Sumber Air, 5 Hari Baru Padam

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Provinsi Riau, berhasil dipadamkan setelah lima hari.

Kapolsek Payung Sekaki AKP Nursyafniati menjelaskan, saat ini titik api di permukaan sudah berhasil dipadamkan tim gabungan dari Polri, TNI, BPBD, Manggala Agni dan, pemerintah kecamatan, dan masyarakat peduli api.

"Proses pemadaman kami lakukan selama lima hari. Saat ini api sudah padam. Kemudian kami lanjutkan pendinginan titik asap, agar api tidak kembali muncul," kata Nursyafniati saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (22/6/2023).

Dia mengatakan, karhutla mulai terjadi pada Sabtu (17/6/2023), sekitar jam 11.00 WIB.

Begitu mendapat informasi, pihaknya langsung mengerahkan tim untuk memadamkan api.

Langkah awal yang dilakukan petugas adalah memutus penjalaran api. Petugas memadamkan api menggunakan mesin pompa air.


Namun, hal itu tidaklah mudah karena lahan yang terbakar semak belukar tanah gambut yang bisa cepat meluas.

Kendala pemadaman adalah tebalnya asap dari lahan yang terbakar. Selain itu, minimnya sumber air untuk memadamkan juga menyulitkan petugas. 

"Kendala di lapangan cuaca sangat panas dan asap cukup pekat. Selain itu, kami harus menerobos semak belukar untuk mencapai titik api berjalan kaki sejauh satu kilometer. Beruntung sumber air tersedia di lokasi sehingga memudahkan penyiraman api," akui Nursyafniati.

Sementara itu, luas lahan yang terbakar, kata dia, diperkirakan sekitar 2 hektar.  Setelah digempur selama lima hari, api karhutla dapat dikendalikan.

"Kami bersama tim gabungan bergerak cepat memadamkan api, agar tidak menimbulkan asap ke permukiman penduduk," kata Nursyafniati.

Sebegai informasi, semenjak musim kemarau beberapa waktu belakangan ini, karhutla cukup marak terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Riau.

Dari catatan Kompas.com, saat ini karhutla terdapat di Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Kampar.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/22/141221778/pemadaman-karhutla-di-pekanbaru-terkendala-asap-dan-sumber-air-5-hari-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke